Festival Hung Sing dirayakan untuk memperingati ulang tahun seorang bernama Hung Sing Tai Wong, Tuhan Laut Selatan (God of the Southern Sea) pada hari ke-13 bulan lunar kedua.

Hung Shing ialah seorang pejabat pemerintah bernama Hung Hei yang menjabat selama Dinasti Tang. Seorang gubernur dari Panyu, ia faham ihwal pengetahuan di bidang astronomi dan geografi yang mampu memberikan bantuan kepada pedagang dan nelayan untuk meramalkan cuaca. Dalam legendanya mengatakan bahwa Hung Shing berkomitmen untuk terus menjaga orang-orang dari datangnya bencana alam, bahkan itu terjadi pasca-kematiannya. Dan untuk memperingati dewa yang dianggap banyak sekali jasanya kepada penduduk, maka nelayan di sepanjang Pantai China Selatan membangun kuil untuk menyembah Hung Sing. Sampai kinipun tradisi untuk memperingati kelahiran dewa yang banyak membantu masyarakat ini dilakukan secara konsisten, dan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing.

Perayaan Festival Hung Shing di Sheung Shui Ho Sheung Heung
tak ada cara lain untuk memahami secara mendalam kehidupan dan kebudayaan masyarakat Hongkong selain mengunjungi Desa Ho Sheung Heung di New Territories. Selama lebih dari 800 tahun, desa ini merupakan desa tertua di Hongkong dan kerap dijadikan sebagai sentral pergelaran perayaan festival untuk memperingati kelahiran Hung Shing ini. Dalam tahun 2011, beberapa acara yang digelar dalam festival ini antara lain:
–  Prosesi Piu Suk
–  Sebuah pesta besar Bowl
–  Pertunjukkan Opera Kanton oleh bintang-bintag opera veteran
–  Pertunjukkan seni bela diri China
–  Kompetisi Fa Pau

Kompetisi Fa Pau dipastikan akan menjadi pengalaman yang unik bagi sipapun yang berpartisipasi didalamnya. Dimana penduduk desa akan menembakkan cracker ke udara dan kerumunan orang akan menantikan jatuhnya cracker tersebut, yang diyakini bahwa ia yang mendapatkan inti-cracker tadi akan mendapatkan keberuntungan dan perlindungan dari Hung Shing. Dan momen-momen seperti itu masih bisa dinikmati di Ho Sheung Heung yang merupakan satu-satunya desa yang masih memertahankan tradisi ini hingga kini.

Informasi detil;
Tanggal; 16-20 Maret 2011
Venue; Ho Sheung Hung, Sheung Shui dan Sheung Shui Town Centre, New Territories
Cara kesini; Stasiun MTR Sheung Shui dan naik bus 51K

Klik Event dan Festival Hongkong yang lainnya!

Selamat Merayakan!