Sebagaimana telah diulas bahwa Hongkong sangat kaya dengan tradisi yang menghormati para leluhur. Salah satunya ialah memperingati hari lahirnya Tam Kung. Lanta siapakah Tam Kung ini? Tam Kung dipercaya sebagai dewa pelindung bagi para pelaut Hongkong. Festival ulang tahunnya yang bertepatan dengan Buddha, dirayakan dengan pengabdian dan keikhlasan di Kuil Tam Kung yang telah dibangun tahun 1905 di Shau Kei Wan di Pulau Hongkong. Shau Kei Wan juga dikenal dengan sebutan Yam Kuang Ah atau Ancestors Rocky Hill.

Dalam legenda rakyat China, Tam Kung dikenal sebagai dewa yang dianggap bisa meramalkan cuaca. Tam Kung juga bisa menenangkan badai yang sedang mengamuk karena suatu sebab, atau melemparkan kacang polong ke udara. Kultus ini dipegang secara kuat dan mengakar khususnya dikalangan masyarakat pesisir di Hongkong dan Makau. Tam Kung dilahirkan di Prefektur Huizhou. Pendapat lainnya juga menyebutkan bahwa Tam Kung semasa kecilnya bisa menyembuhkan banyak orang yang terkena penyakit. Tam Kung menjadi abadi di surga di usianya kedua puluh. Tam Kung telah melegenda dan menjadi objek pengabdian dan penghormatan untuk mereka kalangan pesisir, mereka kerap “memanggil” Tam Kung untuk memohon perlindungan, pertolongan, keselamatan dan nasib baik.

Bahkan masyarakat pesisir sampai membuatkan sebuah kuil yang secara khusus didedikasikan untuk Tam Kung yang terletak di ujung Shau Kei Wan Man, Hongkong, yang mana pada awalnya kuil ini hanya merupakan sebuah kuil yang kecil. Masyarakat kemudian mengumpulkan uang untuk membangun kuil ini menjadi lebih besar dan lumayan megah, dan itu terjadi pada tahun 1905. Patung Tam Kung sebelumnya diletakkan di kuil Tam Kung, Jalan Tam Kung, Kowloon City. Uniknya di depan kuil ada sebuah batu besar yang diyakini dicap sihir oleh Tam Kung. Dalam pergelaran upacara kelahiran Tam Kung ini, yang unik ialah adanya pertunjukkan kung fu yang merupakan bagian utama dari upacara kelahiran Tam kung. Selain di Hongkong, kuil Tam Kung juga berada di Rua de Cinco de Outubro di Coloane, Makau.

Waktu pelaksanaan: Bulan keempat hari kedelapan
Alamat: Tam Kung Temple Road, Shau Kei Wan, Hongkong
Cara kesini: Stasiun MTR Shau Kei Wan Keluar D1, ikuti Jalan Tung Hei dan berjalan selama lima menit ke Tam Kung Temple Road.

Klik Event dan Festival Hongkong yang lainnya!

Selamat Merayakan!