Sejarah opera di China sebenarnya sudah dimulai berabad-abad yang lalu ketika penampilan awal opera masih belum berkembang. Namun pertunjukkan opera yang lebih tertata apik baru dimulai saat Dinasti Tang, ketika Kaisar Xuanzong (712–755) bertahta .

Kala itu kelompok opera pertama “Pear Garden” menjadi langganan untuk menghibur sang kaisar. Tradisi opera China hingga kini masih terjaga, hanya saja saat ini opera dimainkan oleh para profesional yang sengaja menjadikan budaya ini sebagai bagian pertunjukan untuk menghibur para wisatawan. Walaupun demikian, para pemain opera masih mengacu pada pakem opera “Pear Garden”. Seperti Chinese Opera Festival tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Leisure and Cultural Services Department (LCSD) dari 19 Juni hingga 28 Juli 2013 di Hongkong.

 

Chinese Opera Festival tahun 2013 dikemas menjadi pertunjukkan yang lebih menarik dengan alunan musik tradisional dari perkusi China, mengiringi jalannya opera. Opera China ini merupakan seni pertunjukan yang sangat menarik, dengan menonjolkan gerak tubuh yang digunakan sebagai sarana untuk berekspresi para pemainnya. Opera ini merupakan pertunjukkan kolosal yang biasanya menampilkan banyak pemain, yang bahkan dalam penampilan spektakulernya bisa melibatkan lebih dari seribu orang. Opera China biasanya menyunting cerita dari novel-novel historis, kebanyakan tentang politik dan perlawan militer.

 

Wisatawan pasti akan terpesona menonton Chinese Opera Festival tahun 2013 terutama oleh dandanan para pemain opera yang khas. Make-up para pemain opera ini akan menampilkan karakter yang sedang mereka jalani. Tidak sembarang orang bisa meniru make up para pemain opera, karena memang rumit dan membutuhkan teknik khusus. Itulah mengapa dandanan para pemain opera China merupakan salah satu yang menonjol selain kostum yang mereka pakai. Karakter make-up para pemain yang biasanya terbagi dalam muka merah, hitam, kuning dan putih, serta keemasan dan keperakan akan sangat indah berpadu dengan kostum khas dinasti-dinasti China yang mewah. Menghabiskan malam sambil menikmati opera Chinese Opera Festival yang indah, serasa kembali ke masa lalu saat kemasyuran dan kemegahan dinasti-dinasti China pernah menorehkan sejarah di muka bumi ini.

Klik Event dan Festival Hongkong yang lainnya!

Selamat berkunjung!