Tak ada perayaan yang dianggap paling romantis di Hongkong selain Seven Sisters Festival yang digelar dalam setiap tahunnya. Perayaan ini dianggap merupakan perayaan yang paling romantis, khususnya bagi wanita yang masih berstatus lajang alias belum berumah tangga dan juga bagi para muda-mudi yang ingin mendapatkan berkat.

Asal-usul perayaan festival ini berasal dari ceritera rakyat China yang telah berumur 1.500 tahun yang lalu. Sebuah legenda yang menceritakan seorang pembantu penenun (dengan enam saudara perempuan), yang hidupnya hanya dihabiskan didepan mesin tenun dalam sepanjang tahunnya. Melihat fakta itu, sang ayah merasa kasihan kepada anaknya dan lantas memperbolehkannya untuk menikah dengan seorang gembala dari seluruh Bima Sakti. Gadis itu pun akhirnya menikah dengan seorang lelaki. Namun pasca menikah, gadis itu cenderung mengabaikan tugas-tugasnya sebagai seorang penenun. Hal itu membuat Kaisar kemudian memerintahkannya untuk kembali ke rumah dan mengunjungi suaminya cukup setahun sekali yakni pada hari ketujuh dari bulan ketujuh.

Festival ini, secara khusus dianggap sama “derajatnya” dengan Hari Valentine menurut alam pemikiran masyarakat muda Hongkong. Makanya tak heran banyak warga yang antusias untuk merayakan perayaan ini, karena mereka yakin bahwa festival ini dianggap akan sangat menentukan masa depannya—khususnya dalam hal jodoh. Sebagaimana telah disinggung bahwa perayaan ini berlangsung pada hari ketujuh bulan ketujuh menurut kalender Lunar, dimana kegiatannya berpusat di daerah yang dikenal dengan Lovers Stone atau “Batu pencinta” yang berada di Bowen Road Wan Chai. Ada banyak kegiatan yang biasanya dilakukan oleh perempuan muda Hongkong ketika terjadinya festival ini seperti membuat kerajinan bordir, memasak makanan tradisional, membakar dupa untuk memohon rahmat, dan tentunya berdoa.

Lokasi Perayaan

Diatas telah disebutkan bahwa lokasi perayaan Seven Sisters Festival ini dipusatkan di Lovers Stone yang bisa dijangkau dari Stasiun MTR Wan Chai Keluar A3, kemudian naik bis 15 di Quens Road East dan turun di Hongkong Adventist Hospital. Kemudian berjalan menuju Bowen Road selama lebih kurang 30 menit.

Klik Event dan Festival Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!