Pertandingan bola voli putri tingkat dunia pertama dilaksanakan tahun 1993, dan merupakan FIVB Volley Ball Grand Prix di Hongkong dengan peringkat pertama diduduki tim bola voli Kuba, disusul China dan Rusia pada nomer dua dan tiga.

Grand Prix ini adalah salah satu strategi marketing untuk mempromosikan olah raga voli putri dengan menyelenggarakan kompetisi tahunan setara dengan komtesisi bola voli putra, the World League. Grand Prix ini menjadi sangat populer di Asia Timur, tak heran apabila kebanyakan evennya banyak didanai oleh investor dari Asia. Namun demikian, masih muncul masalah terutama mengenai kurangnya minat orang untuk menyaksikan pertandingan bergengsi ini.

Dominasi spondor Asia membuat banyak pertandingan dilaksanakan di kota-kota Asia, seperti FIVB Volley Ball Grand Prix di Hongkong tahun 1998 dan 2002, walaupun Hongkong sendiri tidak memiliki tim bola voli putri. Memang ketentuan Grand Prix tidak menutup kemungkinan Negara penyelenggara Volley Ball Grand Prix yang tidak memiliki tim bola voli putri yang mengikuti pertandingan menjadikannya sebagai tuan rumah even ini. Pasal ini rupanya yang digunakan sebagai dasar Hongkong sudah tiga kali ikut aktif sebagai penyelenggara Volley Ball Grand Prix. Pada awal-awal tahun pertandingan, empat besar yang selalu silih berganti menduduki peringkat pertama pertandingan voli putri ini adalah tim dari Brazil, Cuba, Rusia dan Amerika.

Lebih dari satu dekade sejak FIVB Volley Ball Grand Prix di Hongkong tahun 2002, lebih dari separo pertandingan bola voli putri ini dilaksanakan di kota-kota Asia. Kompetisi yang dilakukan dengan 2 putaran ini, tidak sembarang tim bola voli putri bisa turut meramaikan pertandingan ini. Prosedur kualifikasi Grand Prix dengan persyaratan ketat diterapkan hanya untuk tim-tim yang telah memenuhi kualifikasi turnamen atau berdasarkan kualifikasi FIVB World Ranking. Pertandingan kualifikasi Grand Prix bisa memakan waktu sepekan di kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Sepertinya Hongkong sangat jeli melihat turnamen ini sebagai salah satu even promosi kota Hongkong, tak heran sudah dua kali Hongkong bersedia menjadi host pertandingan voli putri kelas dunia tersebut.

Klik Event dan Festival Hongkong yang lainnya!

Selamat berkunjung!