Tradisi China kuno Yu Lan sepertinya masih dipelihara dengan baik dan dapat menjadi even pariwisata menarik. Dimulai pada bulan ketujuh dalam sistem kalender Lunar yang merupakan bulan dimana roh-roh gelisah dan pergi untuk menjelajahi bumi, maka  tradisi dilakukan oleh Komunitas Chiu Chow Hongkong yang berjumlah sekitar 1,2 juta orang. Mereka percaya bahwa mereka harus melakukan ritual untuk menenangkan para hantu dan leluhur mereka.

Ritual juga  dilakukan oleh komunitas Chiu Chow ketika mereka kehilangan keluarga dan leluhurnya. Ritual yang rutin dilaksanakan ini kemudian dikemas secara apik menjadi The Hungry Ghost Festival Hongkong.

Selama satu bulan penuh, dimulai dari hari pertama sampai akhir bulan ketujuh sistem kalender Lunar, The Hungry Ghost Festival Hongkong berlangsung dalam setiap tahunnya. Festival ini sendiri telah dipertahankan sejak 100 tahun yang lalu. Kegiatan utama festival akan diwarnai dengan pemberikan persembahan dan penghormatan kepada leluhur dan hantu-hantu yang berkeliaran. Dalam kegiatan tersebut akan dapat ditemukan juga prosesi pembakaran dupa dan kertas. Pengunjung juga dapat melihat banyak orang yang melakukan pembakaran uang palsu dan membuat persembahan sesajen berupa makanan dan minuman kepada roh-roh yang sedang gelisah dan lapar serta untuk persembahan roh nenek moyang mereka. Selain itu ada pertunjukan opera China dan drama ang dipersembahkan untuk para hantu. Yang unik, dalam Ghost Festival biasanya ada acara pembagian beras secara gratis.

Karena kegiatan The Hungry Ghost Festival Hongkong memrlukan tempat yang lapang, maka biasanya pagelaran pertunjukkan akan dilangsungkan di taman, piazza, lapangan atau tempat-tempat yang cukup luas lainnya. Di setiap tempat yang telah ditetapkan untuk menggelar acara Ghost Festival, sebuah altar akan disiapkan untuk korban disiapkan. Selama Hungry Ghost festival, berbagai kesenian akan dipertontonkan. Pengunjung juga akan menemukan banyak kerajinan tangan tradisional dipajang di sekitar area perhelatan. Yang lebih menakjubkan lagi, The Hungry Ghost Festival diselenggarakan di sekitar 60 tempat berbeda di wilayah Hongkong. Khususnya selama Hungry Ghost Festival itu.

Klik Event dan Festival Hongkong yang lainnya!

Selamat berkunjung!