Pernahkah Anda jalan-jalan atau paling tidak mendengar mengenai sebuah pasar di Hongkong yang merupakan tempat menjual berbagai macam liontin, batu giok dan benda yang berbahan batu lainnya? Adalah Jade Market yang berada di Yau Ma Tei akan memberikan sebuah wawasan baru kepada Anda mengenai suatu hal yang dianggap sangat penting bagi warga keturunan China. Di Hongkong—dan orang-orang China—sudah mafhum bahwa banyak orang yang memakai gelang giok yang dimaksudkan untuk menangkal segala macam bahaya yang erat kaitannya dengan masalah kesehatan. Seorang nenek biasanya rutin membeli sepotong batu giok untuk seorang bayi yang baru lahir. Maksudnya adalah untuk menjaga bayi yang baru dilahirkan tersebut dari segala potensi bahaya yang akan menimpanya.

Terletak di Kansu dan Battery Street, Jade Market (Pasar Jade) ini merupakan kumpulan dari sekitar 400 kios yang menjual aneka macam batu-batuan semacam batu giok, liontin, cincin, gelang, ukiran, dan berbagai ornamen lainnya. Pasar ini buka dari jam 10.00 sampai dengah sore hari 17.00. Pasar ini merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin membeli batu-batuan tersebut. Nearby merupakan salah satu toko tempat menjual berbagai batu-batuan tersebut yang berada di Jalan Kanton (Kanton Street) yang letaknya antara Gansu Street dan Jordan Road dimana toko ini beroperasi dari Senin-Sabtu, jam 10.00 – 16.00.

Adapun yang menarik adalah adanya peletakkan batu giok raksasa di persimpangan Jalan Kanton dan Jalan Yordania yang juga berfungsi sebagai landmark dari daerah tersebut.

Patut difahami bahwa kalau Anda tidak ahli  soal giok, alangkah baiknya kalau mengajak orang/teman yang mengetahui seluk-beluk giok supaya bisa memberikan saran ketika Anda hendak membeli. Atau Anda juga bisa mendatangi Plaza Jade untuk menguji giok yang sudah Anda beli apakah benar-benar berkualitas sesuai dengan harganya atau tidak.

Bagaimana Ke Jade Market?

Dari Stasiun MTR Yau Ma Tei keluar Pintu C, Anda diharuskan berjalan menyusuri Nathan Road dan Ganshu Street. Setelah sampai di Ganshu Street Anda bisa langsung menuju ke Jade Market atau bisa juga ke Canton Road yang bisa ditempuh dengan 10-15 menit.

Klik Tempat Wisata Belanja yang lainnya!

Selamat Berkunjung!