Letak Hongkong sangat strategis yakni berada di Pantai Tenggara China, dimulut Sungai Mutiara yang tepat menghadap ke Laut China Selatan. Luas Hongkong mencapai 1.104 kilometer persegi (425 mil persegi), dimana wilayahnya terdiri dari Pulau Hongkong, Semenanjung Kowloon dan New Territories. Yang menjadi pusatnya adalah Victoria Harbour yang memisahkan Pulau Hongkong dengan Semenanjung Kowloon. Sementara diluar wilayah tersebut, New Territoris memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan Daratan China.

 

Sebagaimana halnya yang membentuk sebagian besar wilayah Hongkong, New Territoris juga mencakup sekitar 262 pulau-pulau terpencil, termasuk didalamnya Lantau dimana bandara udara terdapat didalamnya.

Sekalipun Hongkong terkenal dengan perkotaannya yang ramai dan padat, namun ternyata sepertiga dari luasnya merupakan wilayah pedesaan, termasuk didalamnya ada sekitar 40% lahan yang dikhususkan sebagai Taman Negara dan daerah khusus lainnya yang kesemuanya mudah sekali diakses oleh publik.

Dalam kaitan ini, nampak sekali keinginan pemerintah Hongkong untuk memperbaiki lingkungan hidup dengan sejumlah “proyek-proyek hijaunya”.

Transportasi Hongkong
Hongkong memiliki Bandara Intrenasional Hongkong di Chek Lap Kok, namun sering disebut berada di Lantau. Bandara tersebut menjadi pusat untuk Cathay Pasific Airways, Dragon, Air Hongkong, dan Hongkong Ekspress.

Transportasi dalam kota Hongkong memiliki sistem transportasi yang cukup modern dan mapan yang terdiri dari kereta api, tram, bus, feri maupun taksi. Hampir semua alat transportasinya bisa dibayar dengan Octopus Card.

Klik Rencana Perjalanan Anda ke Hongkong!

Selamat Berkunjung!