Hongkong telah dinobatkan sebagai salah satu pulau yang terpanjang dan terpadat di wilayah China. Bahkan, Hongkong disebut sebagai kota terhijau di Asia. Secara geografis, Hongkong terdiri dari Pulau Hongkong (Hongkong Island), Pulau Lantau, Kowloon dan New Territories. Semenjanjung Kowloon menghubungkan New Territories dari ujung utara, sedangkan New Territories membentang sampai ke wilayah China sepanjang Sungai Sham Chun. Diantara 262 pulau, Lantau disebut sebagai yang terbesar diantara pulau-pulau tersebut.

Secara geografis Hongkong berada di jarak 37 mil Makau Timur. Tai Mo Shan merupakan titik tertinggi dengan ketinggian 3.142 kaki yang membentang seluas 1.095 km persegi. Sementara Pulau Hongkong memiliki luas sekitar 80 km persegi, semenanjung Kowloon sekitar 47 km persegi dan New Territories memiliki luas sekitar 749 km persegi. Keadaan geografis Hongkong dikenal sebagi medannya gunung berapi, dengan latar belakang pegunungan yang mendominasi. Sebah puncak yang membentang dari ujung timur laut berfungsi sebagai tulang punggung ke Hongkong. Sementara modulasi Semenanjung Kwoloon dan New Territories berbentuk dataran.

Tai Mo Shan dikenal sebagai puncak tertinggi yang berbasis di New Territories yang dengan 957 meter diatas permukaan laut (dpl) sementara kisaran yang terendah adalah Lo Chau Mun dengan 66 meter. Ketika berkunjung ke Hongkong, Anda bisa menikmati pengalaman indah dengan mengunjungi Victroia Harbour yang mengesankan, Kowloon, Central, Wan Chai serta Victoria Peak. Pokoknya selama berada di Hongkong ini seolah berada di sebuah tempat yang ajaib dengan keindahan pemandangan yang paripurna sebagai hadiah Tuhan kepada manusia di bumi.

Berkunjung ke Hongkong berarti menyambangi surga dunia dengan bentangan pegunungan, pulau, pantai, maupun daratan yang membentang lengkap dengan berbagai kontur dan karakter geografisnya yang khas membuat Anda tak akan menyesal berkunjung kesini meski harus berulang kali.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!