Ketika berkunjung ke sebuah negara, penting kiranya tak hanya mengetahui dimana letak tempat-tempat wisatanya saja, namun juga kalau memungkinkan mengetahui dimana posisi kantor kenegaraan atau kantor pemerintahannya. Gedung Dewan Legislatif (The Legislative Council) Hongkong merupakan salah satu bangunan yang perlu juga Anda ketahui. Gedung parlemen atau yang kerap disebut juga dengan Legco berada di Central District Daerah Administrasi Khusus Hongkong Republik Rakyat China (RRC). Pasca-Hongkong menjadi Daerah Administratif Khusus, HKSAR, China pada tahun 1997 dan diberikan kekuasaan legislatif, maka Dewan Legislatifpun kemudian didirikan.

Dalam Pasal 66-79 Undang-Undang Dasar negara tersebut dijelaskan tentang pembentukan kantor, kekuasan dan fugsi legislatif. Fungsi Dewan Legislatif ialah membuat perundangan, memeriksa dan menyetujui anggaran, perpajakan dan pengeluaran publik, serta melakukan pemantauan terhadap kinerja pemerintahan. Selain itu juga, Dewan Legislatif HKSAR telah diberikan kewenangan untuk melakukan penganggkatan dan pemindahan para hakim Pengadilan Tingkat Kasasi dan Hakim Ketua Pengadilan Tinggi. Demikian juga bahwa kekuasaan untuk melakukan pemberhentian kepada Kepala Eksekuitif ada dipundak mereka, para legislator Hongkong.

Sejak masa pendiriannya Dewan Legislatif ini telah mengalami banyak perubahan yang tentunya disesuaikan dengan arah gerak perubahan zaman yang terus berubah. Beberapa perubahan juga tampak terlihat pada Gedung Dewan Legislatif di Hongkong ini. Pada awalnya, Gedung Ledgo ini dibangun untuk Kantor Mahkamah Agung Hongkong pada tahun 1912. Ketika itu, arsitektur tua Victoria begitu dominan dan terasa dalam tiap-tiap ornamen gedung, kecuali atapnya yang ditata sesuai dengan tradisi China. Kini, gedung parlemen ini memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting untuk menggelar berbagai sidang politik yang bakal menentukan maju-mundurnya pemerintahan politik di negara tersebut. Gedung Dewan legislatif ini adalah Cenotaph, dalam memori dari mereka yang kehilangan nyawanya ketika masa Perang Dunia I dan II.

Ketika hendak berkunjung ke District Tengah (Central District) dipastikan Anda tak akan menemukan kendala atau masalah yang berarti karena mudah sekali dijangkau dengan transportasi publik, dan disana Anda akan melihat beberapa contoh arsitektur terbaik yang bersejarah dan modern. Gedung Dewan Legislatif merupakan salah satunya yang telah berdiri kokoh menyimbolkan kekuasaan dan kekuatan politik Hongkong. Selain bisa memakai tunggangan umum Anda juga bisa memakai jasa mobil sewaan kalau Anda memiliki dana yang cukup tentunya.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!