Sebagaimana yang diketahui bahwa Hongkong merupakan Daerah Administratif Khusus Republika Rakyat China (RRC). Dearah Administratif Khusus lainnya di China ialah Makau. Hongkong terdiri dari 260 pulau-pulau kecil yang menakjubkan dan penuh dengan pesona. Untuk membicarakan mengenai budaya Hongkong, dua hal pertama yang perlu disebutkan secara khusus ialah musik dan tari di Hongkong. Musik dan tari ini ialah aspek yang intergral dan tradisi Hongkong.

Hongkong dianggap sebagai pencipta beberapa tradisi musik, salah satunya ialah Cantopop, yang begitu populer di seluruh dunia. Dari namanya tersebut, kita bisa menduga bahwa Cantopop ini merupakan semacam musik pop. Dalam bentuk musik dialek Kanton biasanya digunakan untuk menyanyi. Tradisi lain yang sangat terkenal dalam musik Hongkong ialah Opera Kanton. Opera Kanton merupakan semacam drama musik yang menggunakan dialek Kanton secara fasih. Ketika kita berbicara soal Opera di Hongkong, maka Opera Beijing juga wajib untuk disebutkan. Opera Beijing sendiri muncul pertama kali pada abad ke-19. Setelah kemunculannya, maka segera menjadi sebuah bentuk hiburan yang sangat diperlukan di Pengadilan Dinasti Qing Hongkong. Dan kini, Opera Beijing ini dianggap sebagai aset yang sangat penting dalam kebudayaan China. Luar biasa!

Ada lagi yang lain yakni Hongkong Philharmonic Orchestra yang juga merupakan sebuah alunan musik tradisional yang sangat terkenal di Hongkong dan telah membuat semacam ceruk sendiri dalam kebudayaan China. Dalam pertunjukkan orkestra ini kerap melibatkan banyak alat musik. Hongkong Philharmonic Orchestra atau HKPO awalnya berasal dari Sino-Orchestra Inggris pada tahun 1895. selain itu, beberapa kelompok orkestra populer lainnya di Hongkong bisa disebutkan misalnya Hongkong Sinfonietta, Pan Asia Symphony Orchestra, City Chamber Orchestra of Hong Kong etc.

Sebagaimana musik, tarian juga dianggap sebagai bagian yang sangat penting dalam tradisi Hongkong. Berbagai genre tarian Barat diajarkan di Hongkong yang merupakan kota global dan memiliki kehidupan malam yang sangat glamor dan fantastis. Ballet merupakan bentuk tarian tradisional yang sangat terkenal di Hongkong. Untuk nama beberapa lembaga yang menawarkan pengajaran profesional bentuk-bentuk tari bisa disebutkan seperti Academy Of Dance, Alan Li Dancing Studio, Angela Lau Dance Studio, B Major Flamenco Club, City Contemporary Dance Company, Feliz Primavera Tango Shoes, Freelance United Music, Hong Kong Ballet, Direct Entertainment dan masih banyak lagi tentunya.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!