Hongkong dulunya kota yang ramai, yang merupakan kumpulan dari desa-desa para nelayan ketika pertama kali diklaim oleh Inggris pada tahun 1842 pasca Perang Opium Pertama melawan Negeri Tirai Bambu China. Ketika itu, upaya-upaya dari Dinasti China telah gagal menghentikan perdagangan opium yang dimpimpin oleh Inggris. Hongkong kemudian jatuh ke tangan Inggris melalui Perjanjian Nanking pada tahun tersebut. Semenanjung Kowloon diserahkan pada tahun 1860 dan sewa dilakukan  selama 99 tahun di New Territories yang terdiri dari wilayah utara Kowloon sampai Sungai Shenzen dengan 235 pulau-pulau terpencil.

Hongkong kemudian kembali ke pangkuan China pada 1 Juli 1997 dengan prinsipnya yang unik yakni “satu negara, dengan dua sistem”. Hongkong hingga sekarang diakui sebagai Daerah Administratif Khusus Republik Rakyat China (RRC). Dengan demikian, memungkinkan Hongkong untuk mendapatkan hak otonomi tingkat tinggi, bebas dalam mempertahankan sistem kapitalis, sistem peradilan yang independen dan penegakan hukum yang rigid, menganut sistem perdagangan bebas, dan warganya menganut sistem berdemokrasi (bebas dalam mengeluarkan pendapat).

 

Hongkong mempunyai pelabuhan yang megah yang telah diakui sebagai kunci perkembangan perdagangan China, memiliki kemajuan industri untuk menjadi pusat keuangan dan jasa terkemuka di Asia. Adanya akulturasi dari pengaruh Timur dan Barat, serta didorong dengan berbagai atraksi yang dimiliki dibarengi pedesaannya yang menakjubkan, membuat Hongkong menjadi tujuan utama wisata di Asia.

Pariwisata

Sektor pariwisata Hongkong merupakan tonggak utama perekonomian negeri tersebut dengan sekitar 21, 8 juta orang masuk di tahun 2004.  Adapun beberapa lokasi yang menjadi tujuan wisata di Hongkong adalah sebagai berikut:

 

  • Kowloon: Star Ferry, Avenue of Stars, dan Tsim Sha Tsui.
  • Hongkong: Victoria Harbour, Victoria Park, Aberdeen, Ocean Park, Menara Bank of China, Hongkong Convention and Exhibition Centre.
  • Lantau: Tian Tan Budha, Tai O, Hongkong Disney Land, Hongkong Disney Land Resort, Jembatan Tingkau, Jembatan Tsing Ma.

Klik Rencana Perjalanan Anda ke Hongkong!

Selamat Berkunjung!