Pasar Stanley merupakan pasar populer di sisi selatan Pulau Hongkong. Suasana di Stanley begitu santai dengan dikelilingi oleh lautan yang membiru. Harga-harga yang ditawarkan di pasar ini cukup murah sehingga karena itulah yang membuatnya terkenal di dunia.

Pasar Stanley buka selama tujuh hari dalam seminggunya. Keramaian begitu terasa di pasar ini setiap harinya karena banyak para pembeli yang datang dari berbagai belahan dunia asyik memburu dan menawar macam-macam barang yang ditawarkan di Pasar Stanley ini. Anda bisa memilih beberapa merk dari pakaian dan aksesoris ataupun souvenir yang menarik, serta ornamen dan pernak-pernik oriental disini. Pasar ini buka dari jam 10.30 sampai 06.30.

Disamping itu, Pasar Stanley juga memiliki pantai yang indah dan populer dijadikan sebagai lokasi surfing dengan mengandalkan kekuatan angin. Di pinggir-pinggir pantai, jika Anda lapar akan mudah ditemukan bar-bar dan restoran besar yang menyediakan aneka macam menu yang siap Anda santap.

Diantara beberapa restoran yang menarik adalah Murray House yang telah berumur ratusan tahun. Murray House telah ada sejak masa kolonial dan memiliki tiga lantai bangunan yang kemudian dibongkar sekitar tahun 1982 dan dipindahkan dari situs aslinya di Central ke Stanley. Situs ini dipulihkan pada tahun 1998 dan kini menjadi Museum Maritim Hongkong dan juga sekaligus sebagai restoran.

Terletak disamping Murray ada Dermaga Blake yang pada awalnya berada di Central. Dermaga ini pertama kali dibongkar pada tahun 1965 yang kemudian dipindahkan ke Taman Morse (Morse Park). Kini dermaga ini telah kembali ke perannya semula sebagai dermaga umum di Stanley dan menjadi pelengkap gaya arsitketur kolonial Murray House.

Menuju Ke Pasar Stanley dan Murray House

Untuk menuju kedua lokasi tersebut bisa ditempuh dengan beberapa cara:
–   Dari Stasiun MTR Hongkong keluar Pintu D Kemudian naik bus 6, 6A, 6X, 66 atau 260.
–  Dari Stasiun Causeway Bay keluar Pintu B, jalan kaki ke Jalan Tang Lung kemudian naik minibus nomor 40.

Lokasi

Letaknya berada di semenanjung bagian tenggara Pulau Hongkong, sebelah timur Repulse Bay, sebelah barat Shek O, dan bedekatan dengan Chung Hom Kok. Secara administratif masuk wilayah Distrik Selatan (Southern District).

Klik Rencana Perjalanan Anda ke Hongkong!

Selamat Berkunjung!