Hongkong merupakan kota yang terletak di bagian tenggara Tiongkok. Hongkong terkenal sebagai pusatnya ekonomi Tiongkok dengan fasilitas pelabuhan dan kepadatan penduduk yang sangat tinggi, ada sekitar kurang lebih 7 juta jiwa tinggal di lahan seluas 1.104 km persegi.

HK Street Grub

HK Street Grub streetgrubeveryday

Salah satu tonggak perekonomian Hongkong ialah pariwisata. Beberapa lokasi tujuan wisata yang terkenal ialah Victoria Peak, Museum Madam Tussauds, Victoria Harbour, Aberdeen, Menara Bank of China,  Hong Kong Convention and Exhibition Centre. Sebagai kota yang mengandalkan pariwisata untuk menopang perekonomian negara. Hongkong tentunya menyediakan fasiltias wisata kuliner yang tak kalah lezat dari negara-negara lain di dunia.

Berkunjung ke Hongkong tanpa menikmati makanan khas di sana terasa kurang lengkap bukan? Untuk menjadi benar-benar seorang petualang sebaiknya hindari restoran Junk Food di Hongkong yang jumlahnya ratusan di kota tersebut.

Anda sebaiknya berburu street food, susuri area Temple Street. Di sepanjang jalan tersebut, Anda bisa melihat penjaja makanan tradisional Tiongkok dijual dengan cara sederhana. Sepanjang jalan berderet makanan mulai dari bakery, kedai ayam panggang, char siu, kedai mi, dan lain-lain.

Street food

Street food lonelyplanet

Anda lapar? Cobalah membeli salah satunya. Misalnya saja, Anda beli kue istri. Namanya unik bukan?  Kue ini berhubungan dengan legenda urban yang menceritakan bahwa dahulu kala pernah ada seorang istri berani berkorban bekerja sebagai budak demi untuk membiayai pengobatan sang mertua. Suaminya pun terenyuh, lalu membuat kue ini dan dijual. Ternyata kue buatannya diminati warga dan laku keras, alhasil sang suami pun punya cukup uang untuk membiayai ibunya sendiri sekaligus mencari dan menebus kembali istrinya.

Kalau kue istri masih kurang memenuhi rasa lapar Anda, cobalah curry fish ball yaitu makanan terbuat dari bakso ikan yang dimasak di dalam kuah kari pedas. Jajanan ini dapat dinikmati dengan menggunakan mangkuk sekali pakai atau dinikmati mengunakan tusuk satai. Rasanya pedas, kuah kari yang menempel pada bola-bola bakso sangat terasa. Pilihan lainnya lagi ada egg waflle, tekstur egg waffle lebih lembut dari bakso ikan tadi. Komposisinya lebih padat, bentuknya unik karena adonan dipanggang ke dalam cetakan berbentuk bola-bola. Setelah matang, kue digulung kemudian disajikan kepada pembeli.

Masih penasaran streed food di Hongkong ada apa lagi? Di pinggir jalan kota Hongkong, Anda bisa menemukan penjaja mi. Kedai mi sangat digemari oleh masyarakat Tiongkok di kota itu. Sepulang kerja atau makan siang, banyak yang menikmati mi di kedai-kedai pinggir jalan. Mi di streed food Hongkong ini hadir dalam berbagai varian rasa, Anda bisa memilih mie berkuah kaldu ayam, sapi, atau seafood. Racikan kaldu bercampur dengan aneka bumbu merica khas daerah Sichuan menjadikan mie di kedai-kedai jalanan Hongkong memiliki cita rasa yang khas.  Kalau Anda suka daging babi, sambil makan mie, Anda bisa menambah selera makan dengan daging babi panggang. Daging babi di Hongkong dibumbui dengan madu, kecap asin, dan spice powder ini sangat mudah dijumpai di street food. Daging tanpa tulang akan sangat mudah dikunyah. Kalau tak suka babi, masih ada pilihan lain yakni daging ayam atau bebek yang dimasak menggunakan cara yang sama.

street-food

street-food pinterest

Anda tergoda dengan yang manis-manis? Masih ada sajian jajanan manis di Hongkong, ialah puding kacang merah santan, agar-agar goji berry, mango sago atau egg tart. Tak ketinggalan bubble tea dalam cup bisa Anda bawa sambil jalan-jalan keliling kota Hongkong.

Menikmati bubble tea dalam cup ditambah dengan dimsum pasti lebih nikmati lagi bukan? Street food Hongkong merupakan surganya dimsum. Anda bisa dengan mudah menemukan dimsum di setiap sudut kota Hongkong. Harganya murah, bekisar antara Rp 15.000,- sampai Rp 100.000,-. Variasinya bermacam-macam, silahkan pilih sesuai selera. Anda bisa mengambil dimsum yang semuanya serba dikukus atau sekedar digoreng. Pilih rasa dominan gurih atau manis sama saja enaknya.

Bagaimana? Anda sudah tahu apa yang harus dibeli kalau jalan-jalan ke Hongkong bukan? Nikmati jajanan pinggir jalannya kemudian pulang bawa salah satunya sebagai oleh-oleh.

Nikmati juga wisata kuliner Hongkong lainnya seperti Knutsford Terrace Hongkong, aneka sajian kuliner di Sai Wan Ho, dan seafood lezat di Cheung Chau Hongkong.

Selama di Hongkong, menginaplah di Metropark Hotel Wanchai Hong Kong, Gloucester Luk Kwok Hong Kong, dan Imperial Hotel

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 3 Juli 2015

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.