Satu makanan favorit yang tak boleh Anda tinggalkan ketika berkunjung ke Hongkong ialah seafood atau berbagai menu makanan binatang laut. Nah, di Hongkong, sebagai wilayah yang banyak terdapat laut tak heran banyak sekali terdapat restoran-restoran seafood yang siap Anda terkam. Paling tidak ada empat daerah yang bisa Anda datangi yakni Sai Kung, Li Yue Mun, Pulau Lamma dan Cheung Chau.

Dalam Tangki Besar

Berbagai binatang laut seperti udang, kepiting, kerang, tiram, ikan hidup, dsb biasanya disimpan dalam tong besar atau bahkan kontainer. Hewan-hewan laut tersebut seolah berebut minta “diperhatikan” untuk kemudian disantap oleh para tamu yang berkunjung. Sudah biasa memang restoran seafood menyiapkan ikan maupun binatang laut lainnya masih dalam keadaan segar. Ikan atau binatang laut tersebut akan diangkat tergantung dari pesanan oleh pengunjung. Jika sudah dipilih koki-koki terampil akan langsung memasak seafood selera Anda.

Sai Kung

Sai Kung menjadi salah satu sentra masakan hewan laut yang cukup ternama di tataran Hongkong. Selain bisa mencicipi aneka masakan seafood sesusai selera, Sai Kung ini memiliki beberapa hal yang menyenangkan terutama karena pantainya yang indah. Di Sai Kung ini Anda bisa terlebih dulu berkunjung ke candi tua Tin Hau dan pasar lokal yang dinamis, kemudian berhenti untuk minum bir di salah satu pub bergaya Barat sebelum berjalan-jalan santai menyusuri sepanjang pantai.

Restoran-restoran seafood di Sai Kung berderet di sepanjang pantainya. Anda seolah berada di suatu daerah yang akan memanjakan Anda dengan berbagai menu yang dihidangkannya.

Bagaimana akses kesana? Anda bisa mengambil MTR Choi Hung, Keluar C2, kemudian naik minibus hijau 1A.

Lei Yue Mun

Tak beda jauh dengan di Sai Kung, di Lei Yue Mun Anda akan terpuaskan hasrat kuliner Anda khususnya masakan laut. Lei Yue Mun merupakan desa pantai kecil yang berada di sudut tenggara Kowloon yang menawarkan eksotisme suasana desa tua yang masih alami. Dengan berkunjung ke Lei Yue Mun maka Anda seolah tengah berada di alam masa lalu.

Anda bisa memesan seafood sepuasanya, dan dimasak sesuai dengan yang diinginkan. Anda pun akan merasa terkesan dengan menikmati aneka sajian seafood dari atas pelabuhan yang indah.

Menuju kesana: naiklah taksi dari MTR Yau Tong atau MTR ke Sai Wan Ho di Pulau Hongkong dan kemudian menyeberang menggunakan kapal ferry ke Lei Yue Mun.

Klik Wisata Kuliner Hongkong yang lainnya!

Selamat Menikmati!