Meskipun hanya memiliki luas wilayah 2. 755 km2, bahkan lebih kecil daripada luas wilayah Pulau Bali. Hong Kong menjadi salah satu destinasi wisata teramai di Asia. Hong Kong memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan  yang menghabiskan waktu liburan mereka,mulai dari wisata belanja, wisata edukasi, wisata keluarga, hingga wisata rohani. Super lengkap bukan? Yuk, bikin cek list lokasi mana saja yang ingin dikunjungi nanti ketika sampai di Hong Kong!

  1. Victoria Peak

    Peak Tower via expedia

Tempat wisata pertama dan wajib dikunjungi saat menyambangi Hong Kong adalah Victoria Peak. Dari sini para wisatawan dapat melihat gedung – gedung pencakar langit, bahkan ada Peak Tower yang ketinggiannya mencapai 396 meter di atas permukaan laut. Untuk melihat pemandangan gedung pencakar langit dari atas, para wisatawan dapat melihatnya dari Sky Terrace yang berada di ketinggian 428 meter di atas permukaan laut. Selain melihat indahnya gedung –  gedung bertingkat yang serasa seperti bintang – bintang saat malam hari, para wisatawan dapat mengunjungi Museum Madame Tussauds atau The Peak Galleria yang menjadi salah satu destinasi wisata belanja populer di Hong Kong.

Untuk sampai ke lokasi ini, juga ada salah satu atraksi yang sayang untuk dilewatkan. Selain menggunakan MTR, taksi, ataupun berjalan via Old Peak Road, Victoris Peak dapat dikunjungi dengan menggunakan Peak Tram.

Peak Tram merupakan salah satu aktifitas populer yang banyak dipilih para wisatawan. Tram ini merupakan kereta kabel pertama yang ada di Benua Asia, bahkan sudah ada sejak tahun 1888.

  1. Museum Madame Tussaud Hong Kong

    Patung Lee Jong Suk di Museum Madame Tussaud Hong Kong via dramafever

Masih ada di area Victoria Peak. Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah mengunjungi museum patung lilin Madame Tussaud. Di museum ini, para wisatawan berkesempatan berfoto dengan tokoh – tokoh terkenal dunia tanpa harus dijaga ketat oleh para bodyguard. Sebut saja David Beckham, Jackie Chan, Ratu Ellisabeth ,bahkan Proklamator Republik Indonesia, Bung Karno, juga Presiden ke tujuh Indonesia, Joko Widodo.

Baca juga :

Oleh – oleh Makanan Khas Hong Kong dan Tempat Beli Oleh – oleh Makanan, Jajanan Pasar Khas Hong Kong

  1. Sky100

Selain Victoria Peak, para wisatawan dapat menikmati pemandangan Hong Kong dari ketinggian dengan mengunjungi Sky100 yang terletak di lantai 100 Gedung International Commerce Centre di West Kowloon. Dari sini, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Peninsula Kowloon 360 derajat lengkap dengan pemandangan gunung Tai Mo Shan sebagai latar belakangnya.

  1. Victoria Harbour

    pemandangan malam hari di victoria harbor

    pemandangan malam hari di victoria harbor via Famous Wonders

Masih tak jauh dari Victoria Peak, ada sebuah pelabuhan yang berada di antara Pulau Hong Kong dan wilayah Kowloon. Dari sini terlihat deretan gedung – gedung pencakar langit, apa lagi ketika malam datang lampu dari gedung – gedung membuat pemandangan ini semakin memukau.

Atraksi lainnya yang sayang dilewatkan ketika menyambangi Victoria Harbour adalah pertunjukkan A Symphony of Lights.  Pertunjukkan ini adalah pertunjukkan cahaya dan musik tervesar yang dicatat oleh Guinness World Records. Pertunjukkan ini dapat disaksikan secara gratis setiap hari mulai pukul 20.00 hingga 20.13 di pinggir pantai Tsim Sha Tsui atau wisatawan juga dapat mengambil beberapa paket wisata yang menfasilitasi perjalanan menggunakan feri mengelilingi Victoria Harbour yang juga dilengkapi dengan paket makan malam romantic atau live music.

  1. Avenue of Stars

    Plakat Milik Jackie Chan via hongkongextras

Masih di Victoria Harbour, ada sebuah tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berjalan – jalan di Hong Kong. Avenue of Stars adalah jalan yang dipenuhi nama – nama seniman film Hong Kong. Konsepnya mirip dengan Hollywood Walk of fame. Di sini terdapat patung Bruce Lee setinggi 2.5 meter yang dibangun pada tahun 2005. Selain itu ada pula cetakan tangan dan nama dari para selebritas Hong Kong lainnya.

  1. Causeway Bay

    Times Square via discoverhongkong

Hong Kong memang negara yang menawarkan wisata belanja sebagai salah satu andalan pariwisatanya. Maka tak jarang para penggila belanja memang sengaja berwisata ke Hong Kong sengaja untuk belanja. Di tempat wisata yang terletak di Distrik Wanchai ini, para penggila belanja akan menemukan banyak pusat perbelanjaan, butik, hingga toko – toko di pinggir jalan. Tak perlu takut datang kesini karena selain menjual barang – barang bermerk dengan harga yang cukup menguras kantong seperti Hysan Palace, Causeway Bay juga memiliki SOGO Departement Store yang harganya lebih ramah di kantong, bahkan untuk oleh – oleh, para wisaatwan dapat berkunjung ke Jardine’s Crescent yang menawarkan barang – barang dengan harga yang dapat ditawar.

  1. Jembatan Tsing Ma

Saat berada di Hong Kong, sebaiknya para wisatawan tak melewatkan mengunjungi salah satu jembatan suspensi terpanjang di dunia. Jembatan Tsing Ma ini diresmikan pada tahun 1997 dengan panjang mencapai 1.377 meter dengan lebar 41 meter. Yang unik dari jembatan ini, selain dilalui mobil, jembatan ini juga memiliki jalur MTR.

  1. Lan Kwai Fong

    Lan Kwai Fong via discoverhongkong

Bagi penyuka hiburan malam, tempat satu ini tak boleh dilewatkan. La Kwai Fong merupakan jalanan berbentuk L yang terkenal sebgai lokasi berkumpulnya kaum ekspatriat di Hong Kong. Di sepanjang jalan, akan didapati deretan klub, bar, café dan berbagai jenis tempat hiburan lainnya.

  1. Tsim Sha Tsui

Masih di wisata belanja, tempat satu ini selain dapat digunakan sebagai tempat menonton pertunjukkan A Symphony of Lights juga memiliki deretan toko – toko yang menjual barang – barang bermerk internasional.

  1. Repulse Bay

    Repulse Bay

    via inzumi

Repulse Bay adalah salah satu pantai teramai yang ada di Hong Kong. Di pantai ini, para wisatawan dapat merasakan pasir putih dan pemandangan laut biru yang menenangkan. Pada siang hari, para pecinta pantai dapat bermain di pantai ini dengan cuaca yang cukup hangat untuk bermain air. Sedangkan pada malam hari, pantai ini tidak kehilangan kecantikannya karena dari pantai ini akan terlihat pantulan cahaya lampu kota di permukaan laut yang romantis.

Baca juga :

Panduan Wisata ke Science Museum Hong Kong, Harga Tiket Masuk dan Cara Menuju Science Museum Hong Kong

  1. Kowloon Walled City Park

Sering melihat aksi Jackie Chan atau Andy Lau melawan triad atau mafia ala Hong Kong? Ternyata triad bukan merupakan fiksi belaka. Kowloon Walled City dulunya adalah tempat tinggal para triad di Hong Kong. Tahun 1899, daerah ini pernah menjadi daerah tak bertuan sejak ditinggalkan oleh tentara Dinasti Ching. Pada tahun 1941 – 1945, saat pendudukan Jepang, tembok yang mengelilingi daerah ini dihancurkan kemudian setelah perang usai, mulailah terjadi pembangunan rumah susun kumuh tanpa ijin sah. Disini  tidak ada hukum yang berlaku, entah hukum Cina seperti di derah kekuasaan Cina lainnya atau Hukum Inggris yang berlaku di Hong Kong, yang saat itu merupakan daerah kekuasaan Inggris.  Akibatnya banyak penjahat dan kegiatan dunia bawah tanah berlangsung di kawasan ini tanpa polisi Hong Kong yang berani turut campur. Pada tahun 1987, akhirnya pemerintah Hong Kong meruntuhkan bangunan – bangunan tak berijin itu dan mengubahnya menjadi taman yang sekarang.

Untuk menjelaskan sejarah kota ini, sebuah model yang dibuat dari batu perunggu dipamerkan di ruang terbuka dan didekatnya ada sebuah tembok yang diukir dengan kisah mengenai Kowloon Walled City.

  1. Jumbo Kingdom

Selain menjadi wisata berbelanja, Hong Kong juga terkenal dengan kelezatan kulinernya. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah jumbo Kingdom. Restoran yang terkenal dengan makanan lautnya ini mengapung di perairan Aberdeen, Hong Kong. Kok mengapung? Jumbo Kingdom ini sejatinya terdiri dari dua kapal apung besar yang disulap menjadi Jumbo Floating Restaurant dan Tai Pak Floating Restaurant.

  1. Ladies Market

Di kawasan Mong Kok, kawasan terpadat di Hong Kong, terdapat sebuah pasar sepanjang jalan yang menjual kebutuhan wanita dengan harga murah, maka pasar ini disebut Ladies Market.

Tak jauh dari pasar ini, juga terdapat pasar lain seperti Flower Market atau Temple Street Night Market yang menjadi pasar malam paling populer di Hong Kong.

  1. Disneyland Hong Kong

Ahay! Ada yang menunggu tempat wisata ini muncul di artikel ini? Disneyland Hong Kong merupakan Disneyland terkecil tetapi ia tetap menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Hong Kong. Terletak di Lantau Island, pulau terbesar di Hong Kong, Disneyland ini terbagi menjadi 7 kawasan tematik yaitu Tomorrowland, Adventureland, Grizzly Gulch, Mystic Point, Toy Story Land, Fantasyland, dan Main Street,  U.S.A.

  1. Ocean Park Hong Kong

Selain Disneyland, Hong Kong juga memiliki destinasi wisata keluarga lainnya, yaitu Ocean Park. Walaupun tak seramai Disneyland, taman hiburan ini sangat layak menjadi tempat menghabiskan liburan. Berlokasi di Southern District, tempat wisata yang sudah hadir sejak tahun 1977 ini memiliki banyak wahana permainan, salah satunya yang masi menjadi primadona adalah wahana The Dragon. The Dragon adalah roller coaster terbesar di Hong Kong dengan jalur sepanjang 842 meter. Selain itu, tempat ini juga bisa menjadi wisata edukasi dengan melihat berbagai atraksi dari berbagai jenis mamalia laut.

  1. Ten Thousand Buddhas Monastery

Selain wisata belanja, wisata kuliner, Hong Kong juga mempunyai tempat wisata rohani. Salah satunya adalah Ten Thousand Buddhas Monastery. Di tempat wisata yang berlokasi di Pai Tau Village, Sha Tin ini, wisatawan akan menemukan kompleks kuil Buddha dengan 12.800 patung Buddha dalam berbagai posisi. Kompleks ini memiliki lima kuil, empat pavilion serta satu pagoda. Untuk menuju area puncak Ten Thousand Buddhas Monastery, para wisatawan harus menaiki 430 anak tangga untuk mencapai lantai tertinggi pagoda.

  1. Po Lin Monastery The Big Buddha Hong Kong

Masih di Lantau Island, ada sebuah tempat wisata rohani yang sayang bila dilewatkan. Po Lin Monastery adalah tempat wisata rohani agam,a Buddha yang dibangun pada tahun 1906. Konon katanya, Po Lin Monastery adalah kuil Buddha tertua di Hong Kong. Di sini, terdapat tiga patung Buddha yang menggambarkan kehidupan Buddha di masa lalu, sekarang dan masa depan.

Masih di dalam kompleks Po Lin Monastery ada sebuah patung Buddha raksasa yang terbuat dari perunggu dengan tinggi 34 meter dan bobot mencapai 250 ton. Patung Buddha ini diberi nama Tian Tan Buddha atau The Big Buddha. Untuk mencapai patung ini, pengunjung harus terlebih dahulu menaiki 268 anak tangga. Sesampainya di atas, pengunjung akan melihat enam patung perunggu lain yang berukuran lebih kecil, yang disebut The Offering of Six Devas.

  1. Ngong Ping 360

    Ngong Ping 360 Cable Car menuju ke The Big Buddha via discoverhongkong

Sebetulnya wisata ini sebuah alat transportasi utama yang mengantar para wisatawan menuju Po Lin Monastery dan The Big Buddha.  Ngong Ping 360 merupakan kereta gondola yang menghubungkan Lantau Island dengan Central Hong Kong. Selama perjalanan yang menghabiskan waktu 25 menit, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan Lantau Island dari ketinggian. Keberadaan empat jendela pada gondola ini memebrikan daya pandang yang luas. Tersedia dua pilihan kabin yang tersedia, yakni kabin standart dan kabin Kristal. Bedanya, kabin Kristal menggunakan lantai yang terbuat dari kaca. Dengan kabin ini, penumpang dapat merasakan sensasi berbeda, yaitu langsung melihat pemandangan di bawah kakinya.

  1. Tai O

Tempat wisata yang satu ini kerap mendapatkan julukan sebagai Venesia – nya Hong Kong. Tai O yang berlokasi di bagian barat Pulau Lantau ini memang dikenal sebagai perkampungan nelayan. Di lokasi ini para wisatawan akan mendapati pemandangan rumah – rumah nelayan yang dibangun di atas tonggak kayu dan antara rumah satu dengan rumah lainnya saling berhubungan. Selain menikmati pemandangan rumah – rumah nelayan yang unik, para wisatawan juga dapat mengunjungi bangunan – bangunan bersejarah di Tai O seperti Old Tai O Police Station yang dibangun tahun 1902, Yeung Hau Temple yang didirikan tahun 1699, dan Tin Hau Temple yang berdiri sejak tahun 1772.

  1. Hong Kong Railway Museum

Museum ini berlokasi di On Fo Road, Tai Po. Museum yang resmi dibuka pada 20 Desember 1986 ini adalah rumah bagi lokomotif dan gerbong – gerbong tua yang pernah beroperasi di Hong Kong. Semua lokomotif tua dan gerbong – gerbong terawatt dengan baik termasuk lokomotif diesel EMD G12 yang merupakan lokomotif diesel pertama di Hong Kong.

  1. 1881 Heritage

1881 Heritage merupakan tempat wisata bersejarah yang dulu berfungsi sebagai Kompleks Kantor Pusat Polisi Laut. Bangunan bersejarah ini pertama kali dibangun pada tahun 1884 dan sekarang bangunan ini dialih fungsikan sebagai tempat wisata sejarah yang juga dilengkapi dengan toko – toko produk fashion bermerk internasional. Salah satu yang tak bisa dilewatkan ketika berkunjung kesini adalah Time Ball Tower, Former Fire Station, dan Stable Blocks.

  1. Stanley Market

Di pasar yang berlokasi di Stanley New Street ini para wisatawan dapat menemukan berbagai jenis barang dagangan yang bisa dibawa sebagi oleh – oleh untuk keluarga di rumah. Selain itu, para pemburu kuliner juga dapat mencicipi berbagai jenis makanan dan jajanan khas Hong Kong.

  1. Silver Mine Bay Beach

Tak jauh dari Patung The Big Buddha, ada satu tempat wisata yang juga sayang untuk dilewatkan. Silver Mine Bay Beach, ada di Mui Wo, Lantau Island. Pantai ini awalnya dikenal sebagai tempat berkumpulnya para perompak. Tetapi tenang saja, sejak tahun 1930 lokasi ini sudah bersih dari para peompak dan hanya menyisakan ketenangan. Hamparan pasir dan suara debur opmbak akan membawa para wisatawan menikmati pantai yang serasa milik pribadi. Di sekitar pantai ini juga terdapat restoran dengan sajian khas seprti seafood, mie dan olahan bebek.

  1. Sunset Peak

Sunset Peak adalah salah satu tempat di Lantau Island yang cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu di sore hari. Sunset Peak merupakan bukit dengan ketinggian 869 meter di atas permukaan laut, Dari sini para wisatawan dapat menghabiskan sore dengan menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

  1. Clock Tower

Clock Tower adalah Jam Gadang versi Hong Kong. Lokasinya berada di sebelah selatan Tsim Sha Tsui, Kowloon. Clock Tower ini menjadi satu- satunya bangunan yang tersisa dari Kowloon Station yang sudah berdiri sejak tahun 1915. Menara setinggi 44 meter ini pun kemudian menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer dan merupakan saksi sejarah bagi kedatangan jutaan imigran dari Tiongkok.

Untuk dapat sampai ke puncak Clock Tower, para pengunjung harus menaiki tangga kayu. Selain itu pengunjung dapat melihat kemegahan bangunan lawas ini pada malam hari, saat dihujani cahaya lampu kota.

Baca juga :

Panduan Wisata Lengkap ke Disneyland Hong Kong

  1. Hong Kong Park

Tempat wisata satu ini dapat menjadi salah satu tempat melepas lelah dan tempat wisata yang murah meriah. Di sini, para wisatawan dapat menikmati taman hijau dan juga kandang burung raksasa, yakni Edward Youde Aviary yang menjadi rumah bagi lebih dari 80 species burung dari berbagai penjuru dunia.

  1. Chungking Mansions

Sebetulnya tempat ini bukan merupakan tempat wisata, tetapi para backpacker pasti menyukai tempat ini karena gedung yang terletak di 36 – 44 Nathan Road, Tsim Sha Tsui ini mememiliki tempat menginap dengan harga yang ramah di kantong, restoran juga toko pakaian.

  1. Hollywood Road

Di sepanjang jalan yang dikenal sebagai Cat Street ini tersedia banyak lapak yang menyediakan banyak barang – barang antik. Mulai dari guci, furniture dari Dinasti Ming atau lampu – lampu cantik sampai buah tangan tersedia di jalan yang tak jauh dari Man Mo Temple yang terkenal dengan desain nterior klasik yang mengagumkan.

Hotel murah di Hong Kong :

Butterfly On Wellington Boutique Hotel

Bishop Lei International Hotel

The Garden View – YWCA Hotel