Masjid Kowloon viailovehongkong

Hong Kong adalah salah satu destinasi wisata yang banyak di kunjungi di Asia. Apalagi Hong Kong memang terkenal dengan Disneylandnya yang bisa menjadi tempat wisata untuk semua umur, dari anak – anak hingga orang dewasa. Selain itu juga kare Hong Kong terkenal sebagai surga belanja. Causeway Bay, akan menyambut para penggila belanja dengan berbagai model – meodel tas , baju, sepatu , dan barang – barang lainnya yang selalu tak pernah ketinggalan zaman. Sebentar lagi, liburan sekolah datang, belum lagi sudah menjelang lebaran, ingin ke Disneyland atau belanja baju dan produk fashion lainnya? Simak beberapa tips untuk para wisatawan muslim yang akan berkunjung ke Hong Kong, dan masih melakukan ibadah puasa. Agar tetap dapat menjalankan ibadah puasa selama liburan di Hong Kong.

  1. Pilih Hotel Dekat Masjid

Tentu para wisatawan tak ingin meninggalkan ibadah sholat ketika berpuasa. Nah itu pilihlah beberapa hotel yang dekat dengan masjid.  Karena ini akan memudahkan kita melakukan sholat, dan tak jarang pula, dapat menjadi pengalaman yang jarang terjadi dengan berbuka bersama warga muslim di Hong Kong. Di Hong Kong terdapat 6 masjid. Ada Masjid Jamia atau Masjid Hemoa di 30 Shelly Street, Central, ada juga Masjid Kowloon and Islamic Centre di 105 Nathan Road, Tsim Sha Tsui. Selain dua masjid itu, juga Masjid Ammar dan Osman Ramju Sadick Islamic Centre di 40 Oi Kwan Road, Wan Chai. Di masjid ini pula terdapat Islamic Centre Cantten yang menyediakan menu halal, yang cocok untuk sahur dan berbuka. Di Hoi Wang Rd, Yau Ma Tei juga terdapat sebuah masjid bernama Masjid Ibrahim. Di dekat Repulse Bay, tepatnya di 53 Tung Tau Wan Road, Tung Tau Wan juga terdapat Masjid Stanley. Masjid terakhir adalah masjid Chai Wan yang ada di Cape Collison Road, Tai Tam Gap. Nah tinggal pilih ingin menginap di hotel mana yang jaraknya tak terlalu jauh dari masjid – masjid tadi.

Baca juga :

10 Hotel di Hong Kong yang Dekat Dengan Pusat Makanan Halal, Cocok untuk Berbuka Puasa

  1. Memilih Hotel yang Dekat Pusat Makanan Halal

Hong Kong memang terkenal sebagai salah satu surga kuliner, maka tak jarang pula, para wisatawan datang ke Hong Kong hanya untuk berwisata kuliner. Sayangnya, tak semua makanan yang diperjualbelikan di sini merupakan makanan halal. Karena itu wisatawan Muslim sebaiknya hati – hati untuk memilih rumah makan yang menyediakan makanan halal. Sebaiknya pilih pula hotel – hotel yang dekat pusat makanan halal, agar lebih mudah membeli makanan untuk makan berbuka atau makan sahur. Biasanya hotel yang letaknya tak terlalu jauh dari masjid juga tak akan terlalu jauh juga dari pusat makanan halal, karena disekitaran masjid banyak komunitas muslim. Bahkan ada pula masjid yang memilki kantin yang dapat menjadi salah satu tempat para warga mendapatkan hidangan halal.

  1. Membawa Makanan Halal Sendiri dari Tanah Air

Memang kesannya terlalu merepotkan, tapi percayalah ini akan sangat membantumu untuk mendapatkan makanan halal. Tak jarang snack yang dijual di Hong Kong atau makanan – makanan yang dijual di sekitar tempat wisata mengandung babi. Jadi tak ada salahnya untuk membawa beberapa biskuit, snack atau roti atau bahkan mie instan dari tanah air. Selain dapat menjadi bekal untuk membatalkan puasa saat diperjalanan, makanan – makanan ini juga dapat digunakan untuk makan sahur tanpa keluar dari hotel.

Masjid Stanly via islamictrusthk

  1. Memasang Aplikasi Religi di Smartphone

Berbeda dengan puasa di Indonesia yang dilaksanakan sekitar 14 jam setiap harinya, di Hong Kong puasa akan berlangsung sekitar 15 jam setiap harinya. Berbeda pula dengan suasana puasa di sana dengan di Indonesia. Biasanya kita akan segera mengetahui waktu berbuka puasa saat sirene, bedug dan azan maghrib dikumandangkan. Begitu pula jika imsyak sudah dekat. Tetapi jangan berharap akan ada suara adzan di Hong Kong. Maka itu, sebaiknya pasanglah aplikasi yang adapat memberitahumu kapan jam berbuka maupun imsyak. Selain itu di Muslim Pro misalnya, terdapat fitur yang dapat member tahu azan, kiblat, lokasi masjid dan restoran – restoran halal.

Baca juga :

Panduan Wisata Lengkap ke Disneyland Hong Kong

  1. Jangan Lupa Mengunjungi Masjid di Hong Kong

Ingin merasakan puasa di Hong Kong? Tentu tak lengkap bila tak melakukan sholat berjemaah di masjid – masjid di Hong Kong. Selain itu juga dapat berbuka bersama dengan masyarakat Muslim di Hong Kong. Salah satu yang masjid yang pasti tak ingin kamu lewatkan adalah Masjid Jamia atau Masjid Hemoa. Masjid ini merupakan masjid tertua di Hong Kong, letaknya di 30 Shelley Street, Central. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1890 di atas sebidang lahan yang disewa dari Pemerintahan Inggris di Hong Kong, dengan nama Masjid Mohammedan. Pada tahun 1915, bangunan masjid ini direnovasi dan diperlebar. Baru setelah Perang Dunai II, masjid ini berubah menjadi Masjid Jamia dan juga dikenal sebagi Lascar Temple.

Masjid Jamia via discoverhongkong

  1. Pilih Destinasi Wisata Indoor, Seperti Museum dan Pusat Perbelanjaan

Tak jarang saat bulan puasa, Hong Kong sedang mengalami musim panas. Jalanan menjadi panas dan dapat menjadi cobaan berat bagi yang berpuasa. Untuk menghindari kita membatalkan puasa, kamu dapat berkunjung ke beberapa wisata indoor. Juga yang dekat dengan masjid, agar tak melewatkan waktu sholat. Banyak museum atau pusat perbelanjaan yang dapat dikunjungi di Hong Kong, mulai dari pusat – pusat perbelanjaan di Causeway Bay sampai Museum Seni Hongkong. Atau jika ingin berwisata di luar ruangan, dapat memilih tempat – tempat wisata  yang cukup sejuk, seperti pantai di Repulse Bay atau di Victoria Peak. Baru nanti setelah buka puasa, kamu dapat berkunjung ke tempat – tempat wisata outdoor lainnya.

 

Baca juga :

Oleh – oleh Makanan Khas Hong Kong dan Tempat Beli Oleh – oleh Makanan, Jajanan Pasar Khas Hong Kong

Hotel murah di Hong Kong :

Butterfly On Wellington Boutique Hotel

Bishop Lei International Hotel

The Garden View – YWCA Hotel