Banyak tempat yang dapat dikunjungi di Hongkong kaitannya dengan wisata sejarah. Hongkong memiliki sejumlah museum yang bernilai historis tinggi yang didalamnya menyimpanm pelbagai koleksi langka. Museum of Tea Ware Hongkong ialah salah satu museum di negeri persemakmuran Inggris ini yang cukup banyak dikunjungi para pelancong mancanegara. Di museum ini ditunjukkan pelbagai kelengkapan meminum teh yang menjadi khas etnik China.

Museum ini memiliki sejumlah galeri yang menampilkan pelbagai macam perlengkapan untuk perjamuan minum teh yang biasanya diselenggarakan oleh kalangan istana dimasa silam. Salah satu galerinya ialah Chinese Tea Drinking yang mana disini pengunjung memungkinkan untuk melihat pelbagai macam bentuk alat untuk meminum teh dari sejak masa Dinasti Tang, Qing sampai era modern.

Pelbagai peralatan perjamuan minum teh yang ada disini terbilang cukup beragam mulai dari motif bunga, naga, burung, banteng, sampai ranting pohon serta dedaunan. Berbagai macam peralatannya juga dapat ditemukan disini seperti teko, cangkir, dan alas cangkirnya. Keberadaan museum ini memang memberikan pengalaman dan informasi yang sangat berharga bagi setiap pengunjungnya. Pelbagai perlengkapan meminum teh tersebut ada yang terbuat dari tembaga, alumunium, perak sampai emas sekalipun. Sungguh menarik dan tak terlupakan baru mengunjungi satu galerinya saja.

 

Sedangkan galeri lainnya ialah Chinese Ceramics and Seals yang mana disini terdapat aneka jenis kerajinan seperti patung yang menyimpan aspek kesejarahan sangat dalam. Beberapa benda koleksi museum di galeri ini akan memberikan pengetahuan seputar sejarah dinasti-dinasti China dimasa silam sampai masa kolonialis Inggris. Benda-benda yang ada disini mayoritasnya merupakan sumbangan dari KS Lo Foundation. Begitu juga disini ada galeri yang disebut Callighraphy on stone yang mana disini tidak hanya terdapat kaligrafi diatas kanvas saja melainkan juga kaligrafi yang dilukis diatas sebuah batu.

Sungguh berkunjung kesini akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Lokasi

Museum of Tea Ware berada di Cotton Tree Drive, Hongkong.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!