Dengan berkunjung ke museum, paling tidak ada dua hal positif yang bisa diperoleh yakni, pertama, kita diajak untuk menjelajah ke masa lalu dimana benda-benda yang sarat historis yang tersimpan di museum tersebut itu hidup. Kedua, kita juga bisa belajar dan menghayati arti dan makna berbagai benda yang tersimpan dalam sebuah museum. Ketika kita berkunjung ke museum yang menyimpan berbagai peralatan medis masa silam misalnya, maka kita akan diberikan pemahaman berkaitan dengan segala soal ilmu medis/ kesehatan.

Hongkong Museum of Medical Sciences yang didirikan pada tahun 1996 merupakan sebuah insitusi yang mampu memetakan sejarah perkembangan ilmu medis di Hongkong secara khusus. Museum ini dibangun pada lahan seluas 10.000 meter persegi yang didalamnya terdiri dari 11 galeri pameran, 1 galeri untuk melihat Tai Ping Shan, 1 perpustakaan dan 1 ruangan kuliah, dimana masing-masing tempat terseut menyajikan berbagai hal untuk menarik minat dan membantu anggota masyarakat untuk lebih banyak mengetahui tentang kesehatan dan penyakit, termasuk penemuan mutakhir, perkembangannya, dan tantangan ilmu kesehatan ke depannya. Museum ini juga mampu mengeskplorasi berbagai pengobatan China dan Barat serta mendorong penelitian di bidang kesehatan. Fungsi museum ini ada dua yakni sebagai tempat pendidikan bidang ilmu kesehatan dan untuk mengembalikan dan melestarikan benda-benda medis yang bernilai sejarah.

Sejarah Museum

Lembaga Bakteriologis yang lama, didirikan pada tahun 1906, adalah laboratorium medis pertama di Hongkong yang dibangun dekat dengan lokasi wabah Tai Ping Shan. Awalnya, berdiri bangunan utama dan 2 bangunan tambahan dimana satu diantaranya dibuat untuk mengakomodasi pembantu dan yang lainnya sebagai rumah hewan. Selama bertahun-tahun, lembaga ini telah berperan penting dalam pengembangan dan pelayanan kesehatan di Hongkong. Seiring dengan berjalannya waktu, peran dan namanya pun berubah, menjadi Institut Patologis. Bangunan inipun terus digunakan sebagai laboratorium sampai tahun 1950. Sejak pemerintah menyatakan bahwa lembaga tersebut sebagai gedung yang terdaftar, Hongkong College of Pathologist, juga diketahui bahwa bangunan ini memiliki potensi serta begitu pentingnya kesadaran masyarakat terhadap sejarah dan perkembangan ilmu kedokteran di daerah ini, maka kemudian bangunan ini dipermohonkan untuk dijadikan sebagai museum. Dan akhirnya pemerintah Hongkong pun setuju, sehingga diresmikanlah Hongkong Museum of Medical Science.

Cara kesini;

Naik bus 23, 23A, 23B, 40, 40M diluar Pacific Place atau 12M di Tamar Street dan turun di Ladder Street.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!