Untuk melihat sebuah contoh yang unik dan cukup langka tentang komunitas rumah panggung, Anda bisa berkunjung ke tepi barat laut Pulau Lantau (Lantau Island). Rumah-rumah ditempat ini merupakan milik masyarakat Tanka, yakni sebuah komunitas nelayan yang membangun rumah mereka diatas panggung yang berada di tepian laut yang diperuntukkan bagi generasi mereka karena merasa bahwa kehidupan di darat kurang aman. Kalau di Indonesia mirip dengan Suku Laut yang membuat rumah di atas perahu, hanya sesekali saja kembali ke daratan kalau mereka membutuhkan berbagai keperluan sandang dan pangan.

Keadaan disini tentu saja bisa memesona banyak orang, terutama bagi fotografer yang banyak menganggapnya sebagai tanah surga. Tampak sangat menarik, sebuah jembatan baru yang dioperasikan secara manual meliputi sebuah sungai sempit yang membelah kota. Jembatan ini menggantikan model lama yang menggunakan tali yang telah beroperasi selama lebih dari 85 tahun. Desa ini cukup mudah diakses dengan naik bus selama satu jam dari Mui Wo atau Tung Chung.

Kuil Kwan Tai

Kuil ini dibangun dengan maksud untuk menghormati Kwan Tai yang dianggap sebagai God of War (Dewa Perang) yang pembangunannya dilakukan pada masa pemerintahan Hong Zhi (1448 – 1505) selamasa masa Dinasti Ming. Dalam realitasnya Kwan Tai ini dikenal karena kesetiaannya dan menjadi pelindung umat manusia dari berbagai rupa kejahatan.

Kuil Yeung Hau

Kuil ini untuk menghormati Hau Wung, seorang pejabat pengadilan lokal pada masa Dinasti Sung diakhir tahun 1270 yang nama aslinya ialah Yang Lianghie. Sebuah bel tua masa Kangxi (1699) juga ditempatkan di kuil ini.

Tai O Police Station

Dibangun sekitar tahun 1902, gedung ini merupakan salah satu stasiun polisi paling awal dibangun di kawasan New Territories. Gedung ini terletak di sebuah bukit kecil di sebelah Tai O Ferry Pier (Proyek Revitalisasi berlangsung sampai akhir 2011. Tidak terbuka untuk umum selama periode renovasi).

Cara kesini;

  • Naik Feri dari Central Pier 6 ke Mui Wo, kemudian naik bus ke Tai O.
  • Stasiun MTR Tung Chung, kemudian naik bus 11 dari Tung Chung Town Centre.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!