Aksi pemadam kebakaran senantiasa membuat kita berdecak kagum dan ingin mengetahui lebih jauh seperti sebenarnya kinerja para awaknya. Jika Anda ingin mengetahui lebih mendalam mengenai aksi tanggap isu kebakaran maka langsung berkunjung ke Fireboat Alexander Grantham yang merupakan sebuah kawasan wisata yang menjelaskan bagaimana perjuangan para pemadam kebakaran untuk menghentikan embusan si jago merah.

Tempat ini bisa didatangi dengan menggunakan MRT ke Tai Koo Station dan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke Quarry Bay Park selama sekitar 10 menit. Disini Anda akan melihat kapal pemadam kebakaran yang digunakan untuk memadamkan lalapan si jago mereka yang terjadi ditengah lautan atau dermaga. Kapal pemadam ini sendiri beroperasi pada tahun 1953 silam.

Sampai akhirnya kapal pemadam ini berhenti “karier”nya pada tahun 2002 silam dan ditempatkan dibibir pantai. Ide untuk mengubahnya menjadi sebuah museum pun muncul, dimana didalamnya terdapat berbagai galeri yang berkaitan dengan kegiatan pemadaman kebakaran. Para pengunjung yang datang kesini dapat melihat informasi komplit ihwal sejarah kapal ini mulai dari pemberangkatan perdananya, sampai kisahnya dalam menyelamatkan objek yang terkena kebakaran. Berbagai foto yang menggambarkan kisah kapal ini selama bertugas secara jelas dan terang bisa dilihat disini.

 

Di dalam museum ini juga pengunjung dapat melihat berbagai piagam atau plakat, beberapa ruangan dengan fungsinya masing-masing dan juga barak pasukan yang dilibatkan dalam pemadaman api ketika ada kebakaran. Pokoknya Anda akan ditunjukkan dengan berbagai perangkat kapal seperti ruangan mesin kemudi, tempat beristirahat yang masih terjaga dengan baik dan rapi, perlengkapan pasukan dan juga perlengkapan pakaian diluar dinas. Selain pakaian, di ruang pameran Fireboat Alexander Grantham ini juga terdapat beberapa perlengkapan lain seperti helm, kompas dan juga beberapa alat penyelamat lainnya.

Menarik untuk menyempatkan diri berkunjung kesini!

Lokasi

Fireboat Alexander Grantham berada di Quarry Bay, Hong Kong.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!