Galeri Pameran Infrastruktur dan Perencanaan Hongkong (Hongkong Planning and Infrastructure Exhibiton Ghallery) terletak di lantai dasar City Hall Annex, yang telah mulai didirikan pada tahun 2002 sebagai sebuah galeri pameran sementara karena sambil menunggu pembangunan galeri pameran yang sifatnya permanen yang nantinya akan menempati seluruh gedung City Hall Annex. Berbagai karya ekspansi masih berlangsung dan galeri ini baru akan dibuka untuk publik mulai tahun 2012.

Untuk mempermudah prose perbaikan dan kelancaran sistem kerja di City Hall Annex, untuk sementara galeri ini telah dipindahkan ke lantai dasar Murray Road multi-lantai Car Park Building pada pertengahan tahun 2009 dengan maksud untuk memertahankan layanan secara konsisten kepada masyarakat. Galeri ini sementara menampilkan proposal perencanaan dan proyek-proyek infrastruktur oleh Pemeerintah Daerah Administrasi Khusus Hongkong sebagai kota penting di Asia bahkan dunia. Didalamnya terdiri dari enam bagian utama; Imprint, Hongkong 2030, New Kai Tak, Logistik dan Transportasi, Pembangunan yang Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup. Dilengkapi juga dengan fitur yang interaktif sehingga akan memudahkan kepada pengunjung terkait informasi perkembangan perencanaan dan infrastruktur di Hongkong.

Hongkong Imprint

Sebagaimana telah diulas, ada enam kategori dalam proyek infrastruktur dan perencanaan Hongkong, salah satunya tentang imprint (jejak sejarah). Pada awalnya Hongkong merupakan sebuah desa kecil nelayan yang kemudian berkembang menjadi pusat industri manufaktur. Selama 20 tahun terakhir, Hongkong telah berkembang pesat menjadi pusat keuangan dan perdagangan internasional. Sekitar 24% total wilayahnya merupakan daerah urbanisasi, dan sekitar 40% luas tanahnya digunakan untuk Taman Negara.

Diperkirakan bahwa penduduk Hongkong akan meningkat menjadi sekitar 8,4 juta pada tahun 2030. Sehingga hal demikian mengharuskan adanya penambahan sekitar 2% tanah di Hongkong untuk memenuhi berbagai tuntutan perkembangan penduduk.

Hongkong 2030

Studi HK2030 bertujuan untuk memberikan gambaran visi serta kerangka perencanaan dalam penggunaan lahan dan penyediaan infrastruktur utama selama 20 sampai 30 tahun mendatang. Dalam HK2030 strategi pembangunan bisa diringkas dalam tiga arah pembangunan utama yakni ketersediaan lingkungan hidup yang berkualitas, peningkatan daya saing ekonomi, dan memperkuat hubungan dengan daerah-daerah utama.

Detil Galeri
Jam buka: Rabu – Senin dari jam 10.00 – 18.00 (tutup dihari Selasa dan hari-hari libur lainnya).
Alamat: G/F, Murray Road Multi-storey Car Park Building, 2 Murray Road, Central, Hong Kong.
Telp: +852 3102 1242

Cara kesini;

Stasiun MTR Central keluar J3 (berjalanlah disepanjang Charter Road menuju Lambath Walk, kemudian belok ke selatan menuju Murray Road Multi-Storey Car Park Building. Galeri menghadap ke Taman Chater G/F).

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!