Kuil Che Kung berada di Tai Wai yang terdapat di Sha Tin. Kuil ini lebih mirip sebuah kuil Jepang daripada sebuah kuil tradisional China sebagaimana kuil-kuil lainnya yang terdapat di Hongkong. Kini, kuil ini berada di sebuah bangunan modern yang selesai dibangun pada tahun 1933, dengan menggantikan kuil lama yang dibangun lebih dari 300 tahun yang lalu. Jadi, secara historis kuil ini memiliki aspek kesejarahan yang begitu tinggi dan merupakan tempat menarik bagi mereka yang suka aroma wisata masa lampau. Atau bagi Anda yang hobinya datang ke tempat-tempat peribadatan dari berbagai keyakinan layak untuk kemudian mendatangi kuil ini.

Kuil ini dibangun dengan maksud untuk didedikasikan kepada “Che Kung” (Che dalam pengertian umum), yang merupakan seorang tentara yang tenar dan terkenal dimasanya karena dengan gagah berani menghadapi pemberontakan di China Selatan selamasa masa pemerintahan Dinasti Sung. Che Kung dikatakan telah menemani sang Kaisar ketika melarikan diri ke Hongkong sebelum kejatuhan Dinasti Sung. Setelah kematian Che Kung, banyak orang kemudian memuja dan memujinya karena keberaniannya dalam melawan pemberontak dan pengabdiannya kepada sang Kaisar.

Dalam cerita lainnya mengatakan bahwa Che Kung menyertai kaisar terakhir Dinasti Sung bermigrasi ke Hongkong dan mereka kemudian menetap di Sai Kung. Che Kung begitu dihormati oleh para penduduk desa sehingga tak mengherankan pasca kematiannya beliau “naik pangkat” dengan dianggap sebagai dewa yang pemberani. Para penduduk desa kemudian mendedikasikan sebuah candi untuknya di Hong Chung, Sai Kung. Dan kini banyak masyarakat yang berduyun-duyun mendatangi kuil ini dengan harapan Che Kung dialamnya bisa berbahagia pada Tahun Batu Imlek (Januari atau Februari).

 

Kuil ini memiliki altar utama yang diapit oleh gendang besar dan bel. Ada juga patung raksasa sosok Che Kung dialtar ruang ibadah utama kuil. Juga ada sebuah kipas yang dipercaya banyak jamaahnya akan memberikan keuntungan jika dinyalakan tiga kali. Kuil ini terbuka untuk umum dari jam 07.00 – 18.00 dalam setiap harinya. Anda bisa berkunjung ke kuil ini untuk diramal atau mengetahui aspek sejarah kuil ini secara menyeluruh.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!