Jika di Bali banyak terdapat pura sebagai tempat ibadah utama masyarakat yang beragama Hindu (mayoritas), di Hongkong Anda bakal menemukan banyak sekali kuil yang menjadi tempat ibadahnya umat Budha, Tao, dan Konghucu. Salah satunya ialah Kuil Lo Pan yang terletak di Kennedy Town. Kuil Lo Pan merupakan kuil satu-satunya di Hongkong yang didedikasikan untuk menyembah Lo Pan, seorang Santo pelindung China dan tukang kayu. Menurut sebuah ukiran yang terdapat didalamnya, kuil ini dibangun pada tahun 1884 oleh sebuah organisasi Persekutuan Kontraktor dengan biaya yang berasal dari sumbangan.

Kebanyakan mereka yang datang ke kuil ini kemudian membayar penghormatan kepada orang yang dianggap bijak, Lo Pan dan melakukan doa secara khusyuk. Para jamaah biasanya akan merayakan hari ulang tahun Lo Pan pada 13 Juni dalam setiap tahunnya.

Kuil ini terdiri dari dua lorong yang dihiasi oleh hiasan lukisan mural serta patung-patung yang terbuat dari keramik. Dengan datang ke Kuil Lo Pan ada banyak benda-benda antik yang bisa Anda lihat dengan leluasa, disamping juga mengetahui lebih dalam lagi ihwal sosok Lo Pan yang banyak diagung-agungkan umat Budha, khususnya di lokasi sekitar kuil ini. Adalah hal yang bijak jika Anda kemudian, ketika berkunjung ke Hongkong, mau menyempatkan diri mengunjungi ke kuil yang didedikasikan secara khusus kepada seseorang yang dianggap memiliki tabiat senantiasa memberikan perlindungan.

Dimana alamatnya?
Kuil Lo Pan berada di No 15 Ching Lin Terrace, Li Pong Lung Patch, Belcher Street, Kennedy Town, Hongkong. Kuil ini dibuka untuk umum dari mulai jam 09.30 – 17.00 setiap hari. Untuk pertanyaan lebih lanjut, Anda sebaiknya menghubungi manajemen gedung di +852 2802 2880

Cara kesini;
Stasiun MTR Admiralty Keluar F, naik bus 23 diluar Pacific Place.Turun di Pokfulam Road (setelah melewati Belcher’s) dan berjalan sekitar 10 menit ke Ching Lin Terrace.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Brekunjung!