Ketika berkunjung ke museum-museum maka Anda akan mendapatkan pengayaan sejarah mengenai suatu—tentunya berkait-erat dengan kandungan museum itu sendiri. Di Hongkong ada sebuah museum yang memiliki nilai sejarah tinggi yakni Museum Maritim Hongkong di Stanley Plaza yang menjadi salah satu tujuan wisata populer di Hongkong. Objek wisata museum ini menarik dan inovatif karena selain bisa melihat benda-benda berkaitan dengan dunia kemaritiman Hongkong juga kerap ada pameran yang dinamis, kegiatan pendidikan serta dilengkapi dengan toko museum. Di tempat ini Anda akan melihat bagaimana China, Asia dan Barat telah memberikan kontribusinya dalam hal perkembangan perahu, kapal, angkatan peran laut, dan eksplorasi maritim serta perdagangan.

Museum Maritim Hongkong ini merupakan lembaga nirlaba yang didanai oleh komunitas pelayaran internasional Hongkong.

Misi

Misi dari Museum Maritim Hongkong ini ialah untuk merangsang minat masyarakat dunia tentang perkapalan dan kelautan dengan acuan khusus untuk Pantai China Selatan dan wilayah disekitarnya yang berbatasan dan pertumbuhan Hongkong sebagai pelabuhan utama dan pusat maritim internasional. Sehingga dengan demikian, pengunjung bisa mengetahui perkembangan utama dan lintas fertilisasi antara tradisi kemaritiman China, Asia dan Barat.

Sebagai Museum Pendidikan

Selain sebagai lokasi wisata yang menarik minat banyak pengunjung dari berbagai kalangan, museum ini juga sangat pas dikunjungi oleh pelajar/siswa yang memiliki minat khusus dalam konteks maritim karena juga menyediakan fasilitas pendidikan serta berbagai koleksi museum yang edukatif. Sehingga sangat direkomendasikan para guru untuk datang melakukan review terhadap museum ini sebelum mengajak siswanya berkunjung bersama ke museum ini. Pengurus museum ini telah pula menyediakan panduan yang komprehensif bagi kunjungan guru dan siswa yang ingin mengeksplorasi lebih dalam lagi soal kemuseuman maritim Hongkong.

Cara kesini;

  1. Stasiun MTR Hongkong keluar D dan naik bus 6, 6A, 6X, 66 atau 260 dari terminal Central Exchange Square.
  2. Stasiun MTR Causeway Bay keluar B, kemudian berjalan ke Tang Lung Street dan sesampainya disana naik minibus hijau 40.
  3. Naik bus 973 dariCanton Road luar Silvercord Centre.
Selamat Berkunjung!