Dengan melakukan kunjungan ke Museum Lembaga Pemasyarakatan Hongkong (Hongkong Correctional Services Museum) di Stanley akan memberikan kilasan yang menarik berkaitan dengan suasana kehidupan didalam penjara di Hongkong selama 160 tahun terakhir. Di museum ini menampilkan evolusi atau metamorfosa sistem pemasyarakatan Hongkong dari yang awalnya bertujuan untuk memberikan hukuman kepada narapidana yang dipenjara menjadi sistem tahanan untuk melakukan rehabilitasi kepada para napinya.

Didalam museum ini terdapat tiang gantungan tiruan, dua sel imitasi dan menara penjaga yang berada diatas bangunan penjara untuk mengawasi para napi didalam penjara tersebut. Selain itu, ada juga sekitar 600 artefak dan pemaeran yang meliputi sejarah dan perkembangan sistem kepenjaraan, hukuman dan penjara, seragam staf dan lencananya, manusia perahu Vietnam, senjata rakitan dan masih banyak lagi. Disini juga ada sebuah toko suvenir yang menjual berbagai benda khas penjara semacam lencana, dsb.

Visi

Menjadi Lembaga Pemasyarakatan yang diakui dunia dan ikut dalam membantu Hongkong untuk mewujudkan kota teraman di dunia dari berbagai tindak kejahatan.

Misi

Melindungi masyarakat dan berperan dalam mengurangi tindak pidana kejahatan dengan menyadiakan, memberikan rasa aman kepada manusia, serta lingkungan yang layak dan sehat bagi orang-orang yang sedang ditahan, memberikan kesempatan untuk rehabilitasi, dan bekerjasama dengan masyarakat maupun unsur lembaga lainnya.

Cara kesini:

  1. Stasiun MTR Hongkong Keluar D dan kemudian naik bus 6, 6X atau 260 di terminal bus Exchange Square dan turun di Penjara Stanley. Lokasi museum ada diseberang pemberhentian bus.
  2. Naik bus 973 dari Canton Road di Tsim Sha Tsui dan turun di terminal bus Stanley Market dan kemudian berjalan sekitar 10 menit.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!