Museum Polisi (Police Museum) merupakan rekaman sejarah kepolisian Hongkong yang dibentuk pada tahun 1964 dimana bertugas dalam mengumpulkan sejumlah benda-benda yang berkaitan dengan aspek sejarah angkatan kepolisian di negara–kota ini.  Pada mulanya berada di Markas Utama Kepolisian Hongkong, dimana Museum Polisi ini dimulai dengan bentuknya yang terbatas pada sekitar tahun 1976 dan kemudian pindah ke Gedung Komersial Tai Sang di Wan Chai dan kemudian pindah lagi ke situs ini pada tahun 1988. Museum Polisi ini sendiri dibagi menjadi lima kategori yakni Galeri Orientasi, Masyarakat Triad dan Polisi Masa Laku dan Sekarang, Galeri Pameran, dan Tempat Pembuatan Heroin. Kesemuanya memiliki total luas 570 meter persegi dengan lebih dari 700 pameran yang ditampilkan.

Kategori Museum

Galeri Orientasi (Orientation Gallery)
Galeri ini menampilkan aspek kesejarahan kepolisian Hongkong secara umum melalui foto-foto, arsip-arsip sejarah, seragam, peralatan kepolisian, senjata api dan berbagai benda yang menjadi perlengkapan kepolisian lainnya. Di galeri ini juga ada kepala “Sheung Shui Tiger” yang ditembak pada tahun 1915 setelah membunuh seorang polisi, sumbangan memorabilia dari istri mantan Komisaris Polisi Mr Duncan MacIntosh, sebuah “Plague Medals” tahun 1984, dan juga contoh uang kertas palsu.

Galeri Narkotika dan Masyarakat Triad
Disini ditampilkan sejarah masyarakat lokal, ruang lingkup kegiatan mereka, keyakinan serta ritual yang telah dikenal dan dipraktikkan oleh anggota masyarakat.  Galeri ini juga menyoroti soal narkotika di Hongkong melalui tampilan replika obat-obatan terlarang, narkoba, dan perlengkapan perdagangannya serta contoh laboratorium untuk melakukan pembuatan heroin.

Galeri Polisi Masa Lalu dan Sekarang
Di galeri ini yang ditonjolkan ialah proses transformasi kepolisian Hongkong yang telah lebih dari 160 tahun. Sejarah kepolisian Hongkong sangat terkait erat dengan sejarah Hongkong itu sendiri dan diharapkan bahwa dengan adanya galeri ini, sejarah Hongkong bisa dilihat dan dibaca dalam perspektif yang lainnya. Dan untuk mengetahui lebih detil mengenai kategori museum lainnya Anda bisa berkunjung kesini.

Cara kesini;
Bus 15 dari Central (Exchange Square) ke Peak dan turun di Wan Chai.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!