Hong kong merupakan salah satu destinasi wisata terlengkap untuk keluarga. Selain menyediakan pusat belanja yang besar, Hong kong juga mempunyai taman hiburan tematik Disneyland, selain itu juga tersedia wisata religi. Ingin mengajak si kecil ke tempat wisata yang selain menghibur juga mengedukasi? Coba ajak si kecil ke tempat satu ini, Science Museum Hong Kong.

Science Museum Hong Kong ini dibangun pertama kali pada bulan Maret 1988 dan selesai pada bulan September 1990.Museum yang letaknya bersebelahan dengan Hong Kong Museum of History ini dibuka pertama kali pada tanggal 18 April 1991 setelah hamper 15 tahun dari pencanangan pembangunannya. Sejak dibuka, museum ini telah menjadi tempat yang ideal untuk belajar ilmu pengetahuan. Berbeda dengan museum tradisional, museum ini mengajak para pengunjungnya berinteraksi langsung. Pengunjung diajak melihat, merasakan, mendengar dengan mengoperasikan koleksi interaktif yang tersedia.

Baca juga :

7 Informasi Panduan Transportasi di Hong Kong yang Harus Kamu Tahu, Biar Nggak Nyasar di Hong Kong

Museum dengan empat lantai ini menempati lokasi seluas 12.000 meter persegi., dengan 500 ruang pameran yang berisi alat – alat yang dapat dicoba oleh pengunjung segala umur. Barang koleksi yang paling banyak menarik perhatian para pengunjung adalah mesin energi setinggi 22 meter. Ketika diaktifkan, mesin ini akan mengoperasikan efek audio visual yang menarik dan spektakuler.

Selain pameran yang permanen, museum ini juga memamerkan pameran tematik yang topiknya diganti secara berkala, dan disertai dengan berbagai kegiatan penyuluhan.

Biodiversity Gallery via hksciencemuseum

Di lantai dasar pada museum ini, terdapat Biodiversity Gallery, Jockey Club Environment Conservation Gallery, Life Sciences, dan Motion. Pada tingkat pertama, terdapat E&M Gallery, OSH Gallery, Science News Corner, dan Sound, Di lantai selanjutnya ada pameran food science, Home Technology, Telecommunications Gallery, Transportation, dan Prototype Zone. Di lantai tiga terdapat galeri yang memang khusus dibuat untuk anak – anak. Di lantai ketiga ini, anak – anak akan diajak untuk berinterkasi langsung dan merasakan langsung bagaimana cara membuat sebuah rumah. Selain itu mereka juga akan diajak belajar mengenal dan berkomunikasi dengan anak – anak lain. Selain membangun rumah, anak – anak juga akan belajar mengenai binatang dan luar angkasa.

Ruang pamer di lantai tiga via govhk

Museum ini juga mempunyai koleksi yang lengkap. Seperti dalam tema Astronomy and Space Science, museum ini memilki baju luar angkasa yang digunakan oleh Yang Li Wei, astronot pertama berkebangsaan Cina dan masih banyak lagi koleksi lainnya.

Baca juga : Symphony of Lights Hong Kong, Info Lengkap dan Harga Menonton Symphony of Lights Hong Kong

Science Museum Hong Kong akan mengajak pengunjungnya belajar mulai pukul 10.00 sampai pukul 19.00 pada hari Senin sampai Rabu dan Jumat. Sedangkan para hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya, museum akan buka lebih lama dua jam. Pada malam Natal dan malam Imlek, museum ini akan tetap buka, tetapi akan tutup jam 5 sore. Pastikan pula tidak datang kesini pada hari Kamis, kecuali merupakan hari libur, juga dua hari setelah Imlek karena museum ini akan tutup.

Untuk berkunjung dan belajar disini, para pengunjung akan dikenakan tiket seharga 20 HKD. Jika berkunjung bersama teman – teman atau keluarga dalam satu grup berisi minimal 20 orang, tariff yang dikenakan akan lebih murah yaitu 14 HKD. Sedangkan untuk lansia atau penyandang disabilitas bersama pengantarnya akan dikenakan biaya 10 HKD. Museum ini juga menggratiskan biaya masuk bagi anak – anak di bawah umur 4 tahun, Para pelajar juga akan digratiskan belajar disini, Jika ingin masuk dan belajar disini, museum ini juga memberikan kesempatan secara gratis, Jadi datanglah ke museum ini pada hari rabu, karena oada hari itu siapa saja boleh masuk dan belajar disini secara cuma – cuma.

Baca juga :

Panduan Wisata Lengkap ke Disneyland Hong Kong

Bila ada pameran khusus, museum juga akan memberikan tarif yang berbeda dengan tarif hari – hari biasa. Jadi jangan lupa cek website Science Museum Hong Kong, untuk melihat agenda pameran  dan berapa tarif tiketnya.

Berminat datang dan belajar di sini? Gunakan MTR dan turun di Stasiun Tsim Sha Tsui, dan keluar dari pintu B2, kemudian jalan di sepanjang Cameron Road sekitar 18 menit menuju ke timur Tsim Sha Tsui. Jalur lainnya bisa dengan  turun di Stasiun Jordan, kemudian pilihalah pintu keluar D, berjalanlah di sepanjang Austin Road menuju Tsim Sha Tsui bagian timur selama 20 menit. Bisa juga turun di Stasiun Timur Tsim Sha Tsui, dan keluar dari pintu P2 dan jalan kaki di sepanjang Chantam Road Selatan, denagn jalur ini akan dibutuhkan waktu sekitar 10 menit hingga sampai ke museum ini.

Hotel murah di Hong Kong :

Butterfly On Wellington Boutique Hotel

Bishop Lei International Hotel

The Garden View – YWCA Hotel