disneyland

disneyland via allagesvacations

Berkunjung ke Hong Kong tentu sayang jika melewatkan salah satu taman hiburan tematik disini. Ya, selain Ocean Park, di Hong Kong juga berdiri Disneyland. Taman hiburan ini dapat menjadi tempat wisata yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Dibuka pertama kali pada tahun 2005, taman hiburan Disneyland terkecil di dunia ini, memiliki tujuh tema yang dapat dikunjungi, seperti Main Street, U.S.A., Fantasyland, Adventureland, Tomorrowland, Grizzly Gulch, Mystic Point, dan Toy Story Land. Tak ingin tersesat dan mengunjungi Disneyland dengan nyaman? Coba baca beberapa panduan ini dulu.

Alat transportasi apa yang mengantar para wisatawan sampai Disneyland?

Suasana di dalam MTR via hongkongshuttle

Hong Kong Disneyland terletak di Lantau Island yang tak jauh dari bandara dan pusat kota. Ada beberapa alat transportasi yang dapat digunakan untuk sampai kesana.

Baca juga :

7 Tempat Wisata Murah di Hong Kong, Kalau Ke Sini Biaya Liburan ke Hong Kong Kamu Bisa Murah Banget !

Menggunakan MTR

Kereta akan mulai melayani para wisatawan dari Stasiun Sunny Bay setiap hari dari pukul 06.15 sampai pukul 00.45, dalam sehari kereta akan mengantarkan para penumpang berkali – kali karena waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Disneyland hanya 6 menit. Para penumpang akan dikenakan 7.5 HKD untuk dewasa  atau 6.7 HKD jika menggunakan Octopus Card. Para penumpang anak – anak akan dikenakan 3.5 HKD atau 3.4 HKD dengan menggunakan octopus Card. Para lansia juga mempunyai tarif sendiri, 3.5 HKD atau 2 HKD dengan menggunakan Octopus card.

Menggunakan Bus Umum

Dari downtown Hong Kong menuju Disneyland Hong Kong ada rute R33 dan R42 yang melayani perjalanan pada jam sibuk pagi hari dan malam setelah pertunjukkan kembang api “Disney in the Stars”.

Jika berangkat dari Lantau Link Tol Plaza, gunakan rute bus A atau E kemudian teruskan dengan menggunakan bus R8 menuju Disneyland Resort. Bus akan beroperasi sepanjang hari dari jam 6 pagi, dan bus terakhir akan beroperasi pada pukul 00.05. Dengan menggunakan bus, para wisatawan akan dikenakan tariff sekitar 10 HKD untuk sekali perjalanan.

Menggunakan Taksi

Dengan taksi perjalanan memang terasa lebih gampang, juga tak akan tersesat, tapi memang harus merogoh kantong lebih banyak. Dengan taksi para wisatawan akan membayar sekitar 130 HKD untuk sekali perjalanan. Tinggal katakan saja kemana arah tujuanmu, para supir taksi akan dengan sangat senang hati akan mengantarkanmu.

Baca juga :

7 Informasi Panduan Transportasi di Hong Kong yang Harus Kamu Tahu, Biar Nggak Nyasar di Hong Kong

Jam berapa Disneyland mulai beroperasi?

Disney on the Stars via youtube

Jam operasional Disneyland memang berbeda setiap harinya, ada baiknya untuk memeriksa dulu jam operasional di website Disneyland Hong Kong. Tetapi biasanya Disneyland akan buka pukul 10.30 dan akan ditutup dengan pertunjukkan kembang apai “Disney in the Stars” pada jam 9 malam. Setelah pertunjukkan kembang api ini, maka jam operasi Disneyland akan berakhir.

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi taman tematik ini?

Menjadi taman bermain terbesar di Hong Kong memang membuat tempat ini dikunjungi banyak orang, terutama warga hong Kong sendiri. Jadi sebaiknya hindari mengunjungi tempat ini pada hari Sabtu dan Minggu, karena lokasi ini akan penuh dengan warga sekitar yang menghabiskan akhir pakan mereka bersama keluarga. Meskipun begitu, mendatangi pada hari kerja juga tak menjamin taman tematik ini akan sepi, apalagi saat musim liburan, tetapi antrian akan lebih pendek daripada antrian pada akhir pekan

Bagaimana cara mendapatkan tiketnya?

Tiket Disneyland Hong Kong via turiskece

Para wisatawan dapat membeli tiket di loket dengan mengantri selama 30 menit bahkan kadang membutuhkan waktu lebih lama, apalagi saat musim liburan. Cara yang paling mudah jika tak ingin mengantri adalah dengan membeli tiket secara online di website Disneyland. Bahkan terkadang juga tersedia berbagai penawaran yang cukup menguntungkan. Beberapa agen wisata juga menawarkan tiket Disneyland tersebut, tetapi tetap hati – hati bila membeli tiket – tiket itu, karena tak jarang tiket itu didapatkan secara illegal dan tak jarang tiket itu dapat dibatalkan.

Disneyland juga menyediakan tiket Fastpass yang dapat digunakan untuk 3 wahananya, yaitu hyper Space Mountain, The Many Adventures of Winnie the Pooh, dan Iron Man Experience. Memang antrian ke dua wahana yang pertama tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama, tetapi jika ingin mengunjungi Iron Man Experience tak ada salahnya membeli fastpass ini di website Disneyland Hong Kong karena wahana yang satu ini, baru saja dibuka dan merupakan satu – satunya yang ada di dunia.

Tema – tema apa saja yang dapat dikunjungi di Disneyland hong kong?

  • Tomorrowland

Tomorrowland memiliki dua wahana yang terkenal, yaitu Space Mountain yang meyuguhkan wahana roller coaster dengan tikungan tajam dan berada di dalam gedung, roller coaster ini menjanjikan pengalaman yang lebih mendebarkan. Selain itu juga terdapat wahana yang baru – baru ini dibuka, dan satu – satunya di dunia, Iron man Experience. Wahana ini menampilan atraksi simulasi 3D. Pengunjung dapat merasakan sensasi menjadi superhero Iron Man, bahkan terbang layaknya Tony Stark di atas Jembatan tsing ma, Victoria Harbour dan tempat – tempat ikonik lainnya dengan Iron Wing flight vehicle. Selain dua wahana tersebut, Tomorrowland juga dilengkapi dengan wahana Buzz Lightyear Astro Blasters dan Orbitron.Tomorrowland baru – baru ini juga dilengkapi dengan atraksi bertema Star Wars. Para karakter seperti Chewbacca, R2D2, dan Stormtrooper akan menemani perjalanan di Tomorrowland. Selain itu para pecinta Star wars juga dapat menikmati Darth Vader Burger Combo, dan membeli beberapa buah tangan di toko yang tersedia. Jika lapar, di Tomorroland juga tersedia berbagai makanan di gerobak – gerobak makanan yang menyediakan makanan ringan, juga Comet Café dan Starliner Dinner yang menyediakan makan berat.

  • Adventureland

Adventureland di Disneyland Hong Kong merupakan adventureland terluas dari seluruh Disneyland di dunia. Tempat ini merupakan rumah bagi wahan Lion King, Tarzan juga wisata sungai. Maka adventureland disini bertena hutan. Untuk mengelilingi lokasi ini para wisatawan dapat mencoba wahana Jungle River Cruise yang akan mengajak pengunjung melalui beberapa sungai terkenal di dunia, seperti Sungai Mekong, Sungai Amazon lengkap dengan beberapa tokoh Disneyland dan narasi yang menghibur. Di sini juga tersedia restoran yang memanjakan lidah dengan masakan – masakan bertema tropis.

  • Grizzly Gulch

Bagian satu ini bertema kehidupan wild west. Para pengunjung akan diajak ke daerah yang identik dengan koboi lengkap dengan bangunan abad 19, pertambangan, emas – emas hasil tambang, bahkan penjara kota. Para karakter Disney akan menyambut para pengunjung dengan kostum ala – ala koboi. Selain itu pengunjung juga dapat mencoba menikmati wahan Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars yang mengajak para wisatawan berkeliling gunung Grizzly. Selain itu juga terdapat atraksi lainnya seperti Geyser Gulch dan Grizzly Gulch welocome Wagon Show.

  • Mystic Point

Area ini merupakan bagian palin menakutkan di Disneyland Hong Kong. Di area yang baru dibuka tahun 2013 ini atraksi yang ditawarkan adalah wahana rumah hantu. Mystic Manor memiliki pertunjukkan dengan efek special yang mutakhir, yang membedakan dengan rumah – rumah hantu lainnya. Mystic Point memiliki restoran terbaik di Disneyland, Explorer’s Club namanya. Di restoran ini dapat ditemukan menu Indonesia, Jepang, Korea dan makanan Asia Tenggara lainnya. Dan yang paling membedakan dengan restoran lainnya adalah semua makanan di restorat ini bersertitifikat halal.

  • Toy Story Land

Area ini menawarkan banyak wahana yang terinspirasi dari film Toy story. Ada Barrel of Fun, Cubot, RC Racer, Slinky Dog Spin, Toy Soldier Boot Camp dan Toy Soldier Parachute Drop. Toy Soldier Parachute Drop merupakan wahana yang mengajak para wisatawan merasakan sensasi terbang dengan parasut.

  • Fantasyland

Fantasyland merupakan rumah bagi para karakter Disney. Dumbo, Snow White, Cinderella, Sleeping Beauty, dan tentu saja Mickey Mouse dan Minnie Mouse dapat ditemui di area ini. Di sini, para pengunjungb dapat menyapa dan berfoto dengan para tokoh Disney klasik idolanya.

  • Main Street, U.S.A.

Lokasi ini bertema Main Street di Orlando, U.S.A. pada abad 20- an. Lokasi ini merupakan gerbang masuk ke Disneyland Hong Kong, jadi lokasi ini tak menawarkan banyak atraksi seperti lokasi dengan tema lainnya. Tetapi di lokasi ini merupakan temapat dimana para pengunjung dapat menyapa dan berfoto dengan para karakter Disney. Toko – toko di sini terkenal dengan penjualan Tsum Tsum yang cukup booming.

Baca juga :

Causeway Bay, Tempat Shoppaholic Belanja Sampai Kalap di Hong Kong dan Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan saat Wisata ke Causeway Bay

Jam berapa pertunjukkan dan karnaval  di Disneyland?Setiap harinya ada dua karnaval yang ditampilkan, Flights of Fantasy Parade dan Disney Paint the Night Nighttime Spectacular. Flights of Fantasy Parade baisanya digelar jam 3 sore dan Paint the Night berlangsung dari pukul 19.45 di dekat Storybook Theatre di Fantasyland.

Tak dapat dilewatkan juga pertunjukkan klasik The Lion King. Festival Lion King berlangsung selama 30 menit. Pertunjukkan dengan penampilan akrobat dan musik ini dimulai jam 12 siang, jam 2 siang, jam setengah lima sore dan jam 6 sore di Adventureland. Jika ingin menonton pertunjukkan ini, para wisatawan harus datang lebih awal untuk menghindari antrian yang panjang dan mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

Ketika lapar, adakah penjual makanan di Disneyland?

Darth Vader Burger Combo via ourawesomeplanet

Tentu saja ada. Banyak jenis makanan yang dijual di Disneyland, ada menu makanan Western, Asia, vegetarian dan makanan halal. Memang makanan di sini bisa dibilang cukup menguras kantong. Para wisatawan dapat memanfaatkan beberapa potongan yang ditawarkan oleh Disneyland Hong Kong di websitenya.

 

Hotel murah di Hong Kong :

Butterfly On Wellington Boutique Hotel

Bishop Lei International Hotel

The Garden View – YWCA Hotel