Pink Dophin via wwf

Lumba- lumba pink sudah terlihat di perairan dekat Hong Kong dan Pearl River sejak 300 tahun yang lalu. Tapi keberadaan mereka baru menjadi pusat perhatian sejak tahun 1980-an. Dimulai ketika masyarakat Hong Kong mulai mengkhawatirkan keberlangsungan hidup para lumba- lumba ini ketika terjadi pembangunan dan reklamasi Bandara Chek Lap Kok yang baru. Reklamasi ini mengganggu habitat dari lumba- lumba ini di utara Lantau Island. Sejak saat itu pula pemerintah Hong Kong mulai mengadakan penelitian dan usaha mempertahankan keberlangsung hewan yang pada tahun 1997 ini diangkat menjadi maskot dari Hong Kong saat penyerahan kedaulatannya ke Cina mengalahkan kandidat lainnya, Giant Panda.

Baca juga :

Wisata ke Po Lin Monastery The Big Buddha Hong Kong, Cara Menuju ke Po Lin Monastery dan Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Po Lin Monastery The Big Buddha Hong Kong

Lumba- lumba yang mempunyai nama latin Sousa Chinensis ini juga disebut Lumba- lumba Cina Putih. Jadi sebenarnya warna lumba- lumba yang dapat ditemukan di bagian utara dan selatan Lantau Island dan Peng Chau Island ini putih atau pink? Lumba- lumba ini akan berwarna hitam secara perlahan akan berubah menjadi abu- abu saat lahir. Lumba- lumba muda akan mulai mempunyai banyak bintik- bintik putih atau pink, dan akan menjadi putih atau pink ketika dewasa. Dan yang paling banyak ditemukan di perairan Hong Kong adalah jenis yang berwarna pink. Warna pink pada tubuh lumba- lumba ini berbeda dengan warna pink di tubuh Flaminggo yang berasal dari asupan makanannya. Warna pink yang muncul di tubuh lumba- lumba ini diyakini karena pembuluh darah yang ada dibawah kulitnya, ketika terjadi sirkulasi darah dan mereka berusaha mengatur suhu tubuhnya, lumba- lumba ini akan mengeluarkan semburat- semburat warna merah di tubuhnya yang berwarna putih pucat.

Lumba- lumba ini diperkirakan tinggal 100- 140 ekor di perairan Hong Kong dan sekitar 1000 ekor di delta Pearl River dan jumlah semakin berkurang karena adanya polusi air di delta Pearl River yang juga merupakan pembuangan limbah dari Cina. Juga karena habitat mereka yang rusak karena proses reklamasi dan pembangunan seperti jalan raya yang menghubungkan Hong Kong dan Macau. Selain itu juga aktifitas kapal yang cukup ramai di perairan Hong Kong juga mempengaruhi keberlangsungan hidup mereka.

Baca juga :

Wisata ke Lantau Island Hong Kong, Cara Menuju ke Lantau Island dan Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Lantau Island

Hong Kong Dolphinwatch salah satu organisasi yang berusaha memberikan edukasi ke masyarakat untuk menjaga keberlangsungan hidup lumba- lumba bungkuk ini membuat paket berlayar untuk melihat lumba- lumba ini pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu pada jam 8.50 pagi. Selain dapat melihat lumba- lumba, perjalanan ini juga membuat para penumpang merasakan suasana baru, jauh dari kesibukan perkotaan dan menikmati laut pemandangan selama perjalanan.

Hong Kong Dolphinwatch Cruise via youtube

Perjalanan ini dilakukan dengan cara meminimalkan gangguan terhadap lumba- lumba. Pemandu akan dengan senang hati mengenalkan semua tentang lumba- lumba Cina, mulai dari kebiasaan mereka, karakteristik, habitat, dan masalah- masalah yang sekarang mengganggu keberlangsungan hidup mereka dengan bahasa Inggris, Kanton, Mandarin dan Jepang.

Untuk melakukan perjalanan selama tiga jam dengan menumpang perahu mewah ini mengelilingi bagian utara Lantau Island, siapkan dana sebesar 460 HKD atau sekitar Rp. 775.000. Dan untuk penumpang anak- anak berumur 3 sampai 11 tahun dikenakan biaya 230 HKD atau sekitar Rp 387.000, dan untuk anak – anak di bawah umur 3 tahun dikenakan biaya 50 HKD atau sekitar Rp. 84.000.

Baca juga :

Panduan Wisata ke Victoria Peak Hong Kong, Jam Operasional, Harga Tiket dan Cara Menuju Victoria Peak Hong Kong

Paket ini menjamin peserta tur 98% akan melihat para lumba- lumba pink. Jika para peserta kurang beruntung, karena lumba- lumba enggan muncul, penyedia layanan ini akan memberikan tur gratis pada jadwal selanjutnya.

Hotel murah di Hong Kong :

Butterfly On Wellington Boutique Hotel

Bishop Lei International Hotel

The Garden View – YWCA Hotel