Tsing Ma Bridge yang megah merupakan jembatan gantung terpanjang didunia yang bisa dilalui oleh mobil atau kendaraan roda empat dan kereta api. Jembatan panjang dan megah ini juga ialah kunci yang mampu menghubungkan antara Hongkong dan bandara internasionalnya di Pulau Lantau. Jembatan ini memiliki panjang 2,2 kilometer dengan bentangan utama sepanjang 1.377 meter.

Jembatan ini ditopang oleh menara yang tingginya mencapai 206 meter. Sekitar 49.000 ton baja struktural digunakan dalam pembangunan jembatan ini dengan biaya yang dihabiskannya mencapai HK$ 7.14 miliar. Pembiayaan utuk jembatan Tsing Ma ini sekitar 5% dari total biaya senilai HK$ 155.3 miliar dari keseluruhan proyek utama dan diakui sebagai salah satu dari 10 proyek trebesar disepanjang abad ke-20 dan menyaingi proyek-proyek lain seperti pembangunan Terusan Panama, terowongan di Selat Inggris-Prancis, maupun Jembatan Golden Gate.

Jembatan ini memiliki beberapa jalur jalan terbuka yang terdiri dari dua jalur kereta api dan dua jalur tertutup dibawahnya. Dalam praksisnya, pembangunan jembatan ini bukan tanpa risiko. Ketika musim topan datang, maka jembatan akan sangat berisiko tinggi untuk dilalui kendaraan atau kereta api. Jika terjadi topan, biasanya jembatan akan ditutup sementara sampai akhirnya keadaan kembali stabil.

Jembatan ini dibuka pada pertengahan tahun 1997, dan disebut-sebut sebagai keajaiban bidang teknik di Hongkong. Ketika malam hari menjelang maka pemandangan alam disekitar jembatan akan terlihat sangat menakjubkan.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!