Patung Budha Tian Tan

Patung Budha Tian Tan via lonelyplanet

Lantau Island adalah pulau terbesar di Hong Kong, ukurannya hampir dua kali dari Pulau Hong Kong. Penduduknya hanya 60.000 orang, sangat sedikit dibandingkan dengan warga Pulau Hong Kong yang hampir 1,4 juta orang. Di pulau seluas 147 km2 ini, terdapat taman bermain yang menjadi impian hampir semua anak di Asia, Disneyland.

Selain Disneyland, di pulau ini juga terdapat patung Budha Tian Tan. Patung Budha dari perunggu setinggi 34 meter ini merupakan daya tarik utama dari Vihara Po Lin, yang menyimbolkan harmonisasi antara manusia, alam, masyarakat dan agama. Patung ini dinamakan Tian Tan karena bagian bawahnya merupakan replika dari Kuil Tian Tan atau Kuil Surga di Beijing.

Baca juga :

5 Destinasi Wisata Populer di Hongkong

Di pulau ini terdapat cable car sepanjang 5,7 kilometer untuk menikmati pemandangan Lantau Island. Selama 25 menit, pengguna Ngong Ping 360 cable car akan disuguhi pemandangan birunya laut dan hijaunya pegunungan.

Lantau Island ini juga merupakan surga bagi para fotografer, terutama di daerah bernama Tai O. Kampung ini berada di sebelah barat Lantau Island, penduduknya merupakan para nelayan, yang tinggal di rumah panggung di atas air.

Di sini juga terdapat Golden Gate Bridge ala Hong Kong, namanya Tsing Ma Bridge. Jembatan ini merupakan jembatan suspensi terpanjang ke sembilan di dunia. Dengan melewati jembatan ini jarak dari Hong Kong ke Lantau Island jadi semakin dekat.

Ngong Ping 360 Cable Car

Ngong Ping 360 Cable Car via Expedia

Lantau Island juga terkenal dengan wisata alamnya, seperti Lantau Peak. Lantau Peak merupakan puncak tertinggi kedua di Hong Kong sekitar  934 meter. Puncak ini merupakan lokasi terbaik untuk melihat sunrise. Sedangkan Sunset Peak merupakan tempat terbaik untuk melihat sunset. Tingginya sekitar 869 meter. Untuk sampai ke puncaknya,membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari Mui Wo. Selain menikmati sunset dan sunrise, di Lantau Island juga terdapat jalur hiking bernama Lantau Trail. Lantau Trail pertama kali dibuka pada tahun 1984. Jalur sepanjang 70 kilometer yang dimulai dan selesai di Mui Wo. Ini merupakan salah satu cara menikmati Lantau Island mulai dari gunung, hutan, desa dan pantai.

Selain wisata hiking, kamu juga dapat mengunjungi pantai- pantai di Lantau Island. Sebut saja, Pantai Cheung Sha, pantai sepanjang 2 kilometer ini cenderung sepi. Juga ada Pantai Silvermine Bay, jaraknya hanya 5 menit dari pelabuhan ferry Mui Wo. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Pantai Pui O, pantai ini memiliki fasilitas camping ground di seluas 56 km2.

Baca juga :

Wisata Hongkong Murah yang Wajib Dikunjungi

Kampung Tai O

Kampung Tai O via Expedia

Kapan waktu terbaik untuk berwisata di pulau ini?

Untuk mengunjungi pulau ini, sebaiknya menunggu saat cuaca sejuk dan kering. Jadi berkunjunglah pada bulan Oktober sampai Februari. Pada bulan- bulan ini angin dan matahari lebih bersahabat daripada bulan- bulan lainnya.

Bagaimana cara sampai di pulau ini?

Kamu dapat berkunjung ke pulau ini dengan menggunakan pesawat dari Hong Kong International Airport. Bisa juga menggunakan kereta yang menghubungkan bandara ke Central lalu disambung dengan kereta tujuan Tung Chung dekat Ngong Ping. Dari sini, ada jalur menuju Stasiun Sunny Bay yang menuuju Hong Kong Disneyland Resort. Selain dengan dua alat transportasi tersebut, ferry juga bisa menjadi salah satu pilihan. Layanan ferry tersedia dari Mui Woi ke Dermaga 6 Central dengan jarak tempuh sekitar 30 sampai 50 menit tergantung ketersediaan kapal. Selain itu juga ada ferry yang melayani selama 24 jam. Layanan ini menghubungkan Dermaga 3 Central ke Discovery Bay. Membutuhkan waktu sekitar 25 menit dan 10 menit untuk berjalan menyeberangi dermaga.

Baca juga :

Berburu Street Food di Hongkong

Hotel murah di Macau :

Metropole Hotel

Regency Hotel Macau

Holiday Inn Hotel