Hongkong mempunyai sejarah yang sangat panjang. Negara ini juga tak lepas dari aksi kolonialisme, terutama Inggris dan sampai sekarangpun termasuk dalam negara persemakmuran negerinya Ratu Elizabeth tersebut. Tak heran kalau Hongkong memiliki beberapa peninggalan sejarah seperti benteng, bangunan yang kemudian dialihfungsikan menjadi museum dan lainnya. Dan untuk mengetahui kisah perjalanan sejarah dari kota ini maka Anda sebaiknya mengunjungi Hongkong Museum of Coastal Defense.

Museum ini dulunya berfungsi sebagai markas dan pusatnya militer. Disekeliling bangunan yang sekarang menjadi museum ini banyak berdiri benteng-benteng pertahanan yang kokoh. Di areal luar museum Anda dapat melihat beberapa meriam yang dulunya digunakan untuk menggempur musuh. Sampai kinipun meriam-meriam tersebut masih terawat dan baik. Sedangkan disisi lainnya Anda dapat menemukan berbagai macam perlaatan tempur mulai dari mobil jeep, panzer, tank baja dan lainnya.

Didalam museumnya sendiri pengunjung akan menemukan sebanyak 12 galeri yang akan menceritakan sejarah militer di Hongkong. Ketika pertama kali masuk ke museum inipun Anda sudah bisa melihat pelbagai foto, lukisan dan beberapa benda bersejarah lainnya. Dari situ Anda dapat berlanjut ke galeri yang pertama bernama Orientation yang akan menunjukan kepada setiap pengunjung bahwa letak Hongkong sebagai negara yang strategis. Beberapa ilustrasi yang menggunakan foto juga ditunjukan disini terkait dengan posisi Hongkong yang merupakan persinggahan para pedagang lintas negara seperti dari Gujarat, India dan Inggris.

Kemudian di galeri kedua pengunjung akan lebih digiring untuk mengenai dunia kemiliteran Hngkong dan segala problema peperangan yang terjadi dimasa Dinasti Ming. Berbagai perlengkapan dan persenjataan militer juga dapat ditemukan disini yang kesemuanya masih terlihat terawat dan tersimpan dengan sangat rapi. Semua barang-barang tersebut dilengkapi dengan informasi yang sangat detil sehingga dapat memberikan informasi yang lengkap. Kemudian galeri selanjutnya ialah menceritakan soal sejarah Dinasti Qing yang berkuasa di China dari tahun 1644 sampai 1911.

Berkunjung kesini akan banyak hal yang dapat diungkap dengan terang benderang.

Lokasi

Hongkong Museum of Coastal Defence berada di Thun Hei Road, Shau Kei Wan, Hong Kong.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!