Jika berkunjung ke Hongkong jangan lupa mengunjungi salah satu museumnya yang terkenal yakni Hongkong Railway Museum. Hongkong Railway Museum adalah museum lokomotif yang beralamatkan 13 Shung Tak Street, Tai Po Market, Tai Po, New Territories, China.

Museum Hongkong Railway Museum ini di bawah pengawasan manajemen Leisure and Culture Service Departement ini sudah didirikan sejak tahun 1913 dan dibuka secara resmi untuk umum pada tahun 1985. Di Hong Kong Railway Museum ini, Anda bisa melihat berbagai koleksi-koleksi bersejarah mengenai perkeretaapian yang ada di Hongkong. Koleksi bersejaraha yang terdapat di Hongkong Railway Museum ini antara lain berupa foto dan artefak-artefak kuno. Di ruangan galeri, Anda dapat melihat foto-foto tua yang antik menceritakan berbagai sejarah. Benda-benda bersejarah di galeri ini disusun semenarik mungkin untuk menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Arsitektur gedung museum ini sangat unik di desain menggunakan gaya arsitektur China.

Tak hanya galeri foto dan artefak saja yang terdapat di Hongkong Railway Museum. Terdapat dua lokomotif di area luar museum yang bisa dinaiki pengunjung. Dua lokomotif yang terdapat di museum ini adalah:

  1. EMD G12. EMD G12 adalah lokomotif diesel-electric, yang diperkenalkan di Hong Kong pada tahun 1955. EMD G12 juga memiliki nama lain yaitu “Sir Alexander” yang diambil dari nama Gubernur Alexander Grantham.
  2. A.W.G. Bagnall 0-4-4-T. A.W.G. Bagnall 0-4-4-T adalah lokomotif uap, lokomotif ini berasal dari dari Filipina pada tahun 1995. Setelah tidak digunakan lagi, lokomotif tersebut digunakan sebagai pembawa gula.

Untuk Anda yang ingin melihat-lihat sejarah dan koleksi lokomotif yang ada di Hongkong Railway Museum tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Hongkong Railway Museum bisa dicapai dengan menggunakan angkutan umum minibus 20A, 20C, 20K dari MTR Stasiun Pasar Tai Po. Kemudian jalan sekitar delapan menit  dari Jalan Wai Yi.

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat berkunjung!