Star Ferry via discoverhongkong

Hong Kong memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Ingin menghemat biaya perjalanan? Coba naiklah transportasi umum di Hong Kong. Sekalian membandingkan transportasi di Indonesia dan Hongkong, juga mengenal lebih dekat budaya masyarakat di Hongkong. Di kota ini, ada banyak moda transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai tempat- tempat wisata. Jadi, baca dulu info penting ini dulu supaya kamu nggak nyasar di Hong Kong.

Mass Transit Railway di Hongkong

Suasana di dalam MTR via hongkongshuttle

Di Hong Kong, kereta api ini memilki kereta yang berbeda – beda. Ada yang subway atau kereta bawah tanah, ada over ground layaknya kereta api listrik, juga ada light rail. MTR ini menghubungkan tiga pulau yang ada di Hong Kong; Kowloon, Hong Kong Island, dan Lantau Island.  MTR ini juga dapat mengantarkanmu hingga ke ujung perbatasan Cina dengan Hong Kong di Lok Ma Chau dan Lo wu. Dari bandara pun tersedia MRT, Airport Express yang akan mengantarmu ke pusat kota Hong Kong dengan jarak tempuh sekitar 24 menit saja.

MTR di Hong Kong memiliki 10  line, termasuk Airport Express, yang ditunjukkan dengan pewarnaan jalur. Untuk berganti jalur, berhentilah di stasiun interchange  yang menghubungkan dua jalur yang berbeda.

Para  wisatawan dapat menggunakan transportasi missal ini dengan membeli tourist day pass. Harganya 65 HKD per hari, dan 35 HKD untuk anak – anak umur satu hingga tiga tahun. Tourist ticket ini dapat berlaku hingga satu bulan. Dan saldonya akan berlaku selama 24 jam sejak pertama kali digunakan pada hari yang sama. Dengan menggunakan tiket yang hanya dapat digunakan oleh wisatawan ini, wisatawan dapat naik MTR, kemana saja kecuali untuk Airport Express, MTR Bus, East Rail Line First Class, atau perjalanan dari dan ke Lo Wu juga Lok Ma Chau.  Selain itu, kamu dapat membeli octopus card dulu di beberapa supermarket, lalu tinggal menggunakan saldo yang ada di dalamnya. Bisa juga membeli di tiket mesin yang tersedia di dalam stasiun. Dengan menggunakan octopus card atau tourist ticket, para wisatawan akan mendapatkan harga yang lebih nyaman di kantong.

Baca juga : Symphony of Lights Hong Kong, Info Lengkap dan Harga Menonton Symphony of Lights Hong Kong

Saran nih, untuk kamu yang akan menggunakan MTR, sebaiknya menghindari menggunakan MTR pada jam – jam sibuk. Karena MTR ini mengangkut hampir 4 juta orang per harinya. Bisa kamu bayangkan penuhnya? Jam sibuk MTR akan dimulai pada jam berangkat kantor jam 7 pagi hingga 9.30 pagi dan jam pulang kantor jam 5 sore hingga 7 malam. Tapi MTR di Hong Kong sudah beroperasi dari pukul 05.30 sampai tengah malam atau pukul 01.00 dini hari. Jadi kamu masih bisa menggunakan MTR pada jam – jam yang tidak sibuk. Selain itu, taati peraturan di stasiun juga MTR, contohnya jangan merokok, minum, atau makan di stasiun dan di dalam MTR.

Pintu keluar stasiun di Hong Kong sangat banyak

Pintu keluar MTR di sini sangat banyak, hingga pintu keluar L, seperti di Tsim Tsa Tsui. Jadi pastikan pintu keluar yang sesuai dengan tempat tujuanmu. Jika membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk bertanya kepada para petugas di stasiun yang hampir semua mampu menggunakan bahasa Inggris.

Jangan lupa gunakan bus untuk mencapai destinasi wisatamu ataui stasiun MTR terdekat.

Central Exchange Bus Terminal Hong Kong via wikipedia

Jika di Hong Kong, bus adalah pilihan lainnya untuk sampai ke berbagai destinasi wisata. Apalagi saat MTR sedang ramai, bus dapat menjadi salah satu pilihannya. Harganya yang lebih murah daripada tiket Airport Express membuat bus dari bandara, Airport Bus lebih banyak dipilih oleh para wisatawan untuk menuju ke pusat kota Hong Kong. Selain itu, bus- bus yang melayani rute –  rute lainnya juga mempunyai tariff yang lebih murah daripada MTR. Selain itu menggunakan bus bertingkat juga membuat para wisatawan merasakan sensasi yang berbeda dengan melihat pemandangan yang berbeda juga.

Selain itu juga tersedia bis rute N, yang melayani perjalanan tengah malam. Jadi untuk para wisatawan yang sampai di Bandara Hong Kong pada pukul 00.00 sampai 05.00 jangan khawatir, karena tersedia bus yang dapat mengantarkan sampai ke tujuanmu. Gunakan bus N11 untuk menuju Central Hong Kong. Dengan tarif sekitar 31 HKD, dan mulai beroperasi dari pukul 00.50 sampai 04.50, Jadi yang memiliki penginapan di sekitar daerah Hong Kong Island, dapat menggunakan bus ini, atau yang  akan melanjutkan perjalanan menggunakan ferry ke Macau, dapat turun di Sheung Wan, untuk melanjutkan perjalanan dengan ferry di Shun Tak Centre yang beroperasi 24 jam.

Simak ini juga :

Wisata ke Po Lin Monastery The Big Buddha Hong Kong, Cara menuju ke Po Lin Monastery dan Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Po Lin Monastery The Big Buddha Hong Kong

Untuk yang ingin menuju Tsim Sha Sui bisa menggunakan bus rute N21 atay N21A. yang beroperasi dari pukul 00.20 sampai pukul 04.00 untuk N21 dan N21A pukul 05.00.

Nah, untuk menggunakan bus- bus ini, dapat membayar menggunakan octopus card atau dengan uang tunai, tetapi harus dengan jumlah yang pas ya..karena tidak ada kembalian disini.

Ketahui perbedaan dari minibus – minibus di Hong Kong

Mini Bus di Hong Kong via okay

Kamu akan menjumpai dua warna minibus di kota ini, merah dan hijau. Untuk minibus dengan warna hijau, minibus ini mempunyai tarif yang pasti dan akan berhenti di halte bis saja. Para wisatawan dapat mengunakan octopus card atau dengan uang tunai, tentu dengan jumlah yang pas, sama seperti bus umum. Bedanya di minibus ini, kamu harus berteriak meminta di mana sopir akan menurunkanmu, bukan dengan tombol seperti bus umum. Minibus ini juga tak akan menaikkan penumpang jika kapasitas kendaraan sudah penuh hingga ada penumpang yang turun. Kalau bus berwarna merah kamu dapat berhenti dimana saja kamu mau. Bus ini juga tidak memilki jadwal yang pasti dan tarif yang tak pasti juga. Jadi para wisatawan akan membayar sesuai dengan yang diminta para pengemudi minibus ini dengan uang cash, dan akan memberi kembalian. Biasanya para sopir minibus tidak dapat atau hanya sedkit menguasai bahasa Inggris. Jadi yang tidak begitu menguasai bahasa kanton atau cina, hindari menggunakan alat transportasi ini.

Bukan hanya minibus, Taksi juga memiliki warna yang berbeda.

Taksi di Hong Kong via Transport Department

Di Hong Kong juga tesedia taksi. Taksi di Hong Kong, memilki tiga warna berbeda. Perbedaan ini sebagai tanda daerah taksi itu beroperasi, walaupun semua dapat digunakan untuk menuju bandara dan Disneyland. Taksi warna merah adalah taksi yang beroperasi di seluruh wilayah Hong Kong, kecuali beberapa daerah di Lantau Island. Taksi warna hijau digunakan untuk menandai taksi yang beroperasi di New Territories, sedangkan taksi berwarna biru beroperasi di Lantau Island.

Jangan lupa rasakan juga sensasi menggunakan tram.

Hong Kong Tram via china-mike

Kendaraan klasik seperti kereta tua, yang relnya berada di tengah jalan raya ini juga salah satu moda transportasi yang bisa dicoba ketika berada di Hongkong. Dengan menggunakan uang cash atau octopus card kamu dapat menikmati sensai merasakan alat transportasi yang umurnya hampir satu abad ini. Trem hanya beroperasi di wilayah Hong Kong Island. Pilihlah deck bagian atas untuk menikmati udara Hong Kong dan pemandangan yang berbeda. Jika bagian bawah term berhadap – hadapan seperti bangku di dalam angkot, jika di Indonesia. Maka bagian atas term, bangkunya disusun menghadap ke depan semua, seperti bus umum. Nah kalau biasanya di Indonesia kita naik bus menggunakan pintu bagian depan, di tram gunakan pintu belakang untuk masuk dan membayar dan turun lewat pintu bagian depan.

Baca juga :

7 Tempat Wisata Murah di Hong Kong, Kalau Ke Sini Biaya Liburan ke Hong Kong Kamu Bisa Murah Banget !

Gunakan juga ferry untuk menyeberang dari pulau satu ke pulau lainnya

Star Ferry via discoverhongkong

Kota- kota di Hong Kong dipisahkan oleh laut. Untuk menyeberang dari Kowloon ke Hong Kong Island, atau sebaliknya gunakan Star Ferry. Di Kowloon dermaganya terletak di dekat Clock Tower, sedangkan di Hong Kong Island, letaknya tak jauh dari Central dan Hong Kong Observastion Whells. Feri ini memilki dua bagian, bagian upper deck dan lower deck. Untuklnya ada dua pintu yang terpisah. Untuk yang menggunakan upper deck akan dikenai tarif lebih mahal daripada menggunakan lower deck. Tetapi dengan memilih duduk di upper deck, para wisatawan dapat menikmati pemandangan indah Hong Kong Island, apalagi bila perjalanan dilakukan pada malam hari.

Hotel murah di Hong Kong :

Butterfly On Wellington Boutique Hotel

Bishop Lei International Hotel

The Garden View – YWCA Hotel