Jangan bandingkan bis-bis di Hongkong dengan di Jakarta yang serba semrawut dan fasilitasnya yang minim. Bis-bis di Hongkong begitu nyaman dan sebagian besarnya menggunakan air conditioner (pendingin udara). Dan yang cukup terkenal ialah double-deckers yang menawarkan pemandangan kota dari setiap wilayah yang dilalui.

 

Rute bis di Hongkong mencakup hampir keseluruhan wilayah seperti Pulau Hongkong (Hongkong Island), Kowloon, dan New Territories). Kowloon motor bis, New World First Bus, dan bis kota mengoperasikan rute untuk mengcover rute-rute di seluruh wilayah Hongkong. Bus Lantau beroperasi di Pulau Lantau dan Long Win Bus menyediakan layanan bis ke utara kawasan Lantau dan bandara. Tujuan akhir bis biasanya secara jelas ditampilkan di bagian depan bis menggunakan dua bahasa yakni Inggris dan China.

Untuk tarifnya sendiri, didasarkan pada jauh-dekatnya jarak tempuh. Yang punya Kartu Octpous juga bisa digunakan untuk membayar tiketnya.

Minibus

Selain bis besar, Hongkong juga menyedikan bis kecil atau Minibus yang hanya mampu mengangkut sekitar 16 penumpang didalamnya. Minibus Hijau beroperasi pada rute tertentu dengan ongkos yang tetap. Untuk membayar ongkos tarif bis ini, penumpang juga bisa menggunakan Kartu Octopus (bagi yang punya tentunya). Sedangkan Minibus merah beroperasi pada rute yang tidak selalu tetap dimana penumpang bisa naik maupun turun di sepanjang rute kecuali pada area khusus yang dilarang untuk berhenti.

Setelah terisi penumpang, biasanya Minibus ini tidak akan berhenti sampai ada penumpang yag minta diturunkan. Oleh sebab itu, makanya jenis bis ini paling cocok digunakan oleh orang yang bisa berbicara bahasa Kanton dan sudah mengetahui seluk-beluk wilayah Hongkong. Penumpang diwajibkan untuk menggunakan sabuk pengaman jika tersedia.

Klik Informasi Transportasi Hongkong yang lainnya!

Selamat Berkunjung!