Sistem trem di Hongkong merupakan salah satu bentuk awal dari sistem transportasi di negara ini. Trem ini dimiliki dan dioperasikan oleh Veolia Transportasi, berjalan di Pulau Hongkong antara Shau Kei Wan dan Kennedy Town. Trem di Hongkong bukan hanya sebagai moda transportasi publik, melainkan juga menjadi daya tarik pariwisata Hongkong dan salah satu sistem transportasi massa yang dianggap paling ramah lingkungan. Trem di Hongkong merupakan salah satu dari tiga sistem Trem di dunia yang menggunakan Double-Decker. 

Ketika menaiki Trem, alangkah baiknya kalau Anda duduk di sebelah jendela di dek atas untuk dapat menikmati pemandangan yang dilalui secara leluasa dan dalam sudut pandang yang terbaik. Di sepanjang jalan Anda akan dipertontonkan dengan keelokan dan keeksotisan pantai dan kota. Beberapa wilayah yang bisa dilalui dengan Trem sepeti Distrik Barat, Happy Vallet, Wan Chai, Causeway Bay, dan North Point. Trem dioperasikan dari pagi hari sampai tengah malam.

Ongkos Trem

 

Berapa biaya yang mesti dikeluarkan untuk menaiki Trem di Hongkong? Ongkos yang mesti dibayarkan adalah sebesar HK$ 2,30 untuk orang dewasa, HK$ 1,20 untuk anak-anak dengan usia dibawah 12 tahun, dan HK$ 1,0 untuk penumpang yang usianya diatas 65 tahun. Hal ini unik karena ongkos untuk Trem ini berbeda dengan ongkos dalam moda transportasi yang lainnya, dimana adanya kesamaan pembayaran tarif terlepas dari jauh atau dekatnya seseorang melakukan perjalanan.

Penumpang dapat membayar Trem dengan menyetorkan uang pas atau bisa juga dengan menggunakan Kartu Octopus (Octopus Card). Atau bagi Anda yang ingin menggunkan tiket bulanan juga bisa dengan biaya sekitar HK$ 170 yang bisa didapatkan di depot seperti Whitty Street, Causeway Bay, maupun North Point di akhir setiap bulan. Pembayaran ongkos Trem dilakukan disaat penumpang turun dan jangan harap bisa mengelak karena di pintu eluar Trem terdapat alat yang akan mencegah Anda melakukan kecurangan (dengan tidak membayar).

Klik Atraksi Hongkong yang lainnya!

Selamat Jalan-jalan!