Central Hong Kong via gohongkong

Hong Kong terdiri dari empat bagian, yaitu : Hong Kong Island, Kowloon Peninsula, New Teritories dan Outlying Island. Central District letaknya di Hong Kong Island, tepat diseberang Pelabuhan Victoria dari Tsim Sha Tsui di Kowloon Peninsula. Central Distrik bisa dibilang sebagai ibu kota dari Hong Kong, karena disini adalah tempat pusat pemerintahan dan bisnis. Beberapa jalan di sini adlah jalan tersibuk di Hong Kong, seperti Queen’s Road, Des Voeux Road, Chater Road dan Connaught Road. Di Central juga merupakan pusat- pusat dari beberapa perusahaan- perusahaan besar di Asia.

Selain merupakan pusat kegiatan di pulau Hong Kong, Central juga memiliki banyak restoran dan pusat perbelanjaan dengan berbagai merek- merek terkenal, jadi para penduduk dan pelancong sering menghabiskan waktu di sini untuk berbelanja. Ketika mengunjungi Victoria Peak, Central akan terlihat sangat menakjubkan dengan kesibukannya disertai gedung pencakar langit dan bangunan- bangunan tua yang mengagumkan.

Baca juga :

Objek Wisata Murah dan Aktivitas Seru di Macau untuk Backpacker, Nggak Perlu Keluar Duit Banyak Buat Seneng-Seneng di Macau

Di bagian tenggara Central District ini terdapat sebuah bangunan terkenal yaitu Cheung Kong Center. Desain bangunan ini merupakan karya dari arsitek kenamaan dunia Cesar Pelli dan Leo A. Daly, yang mengarsiteki pula Ronald Reagan Washington National Airport di Amerika Serikat. Selain itu juga ada salah satu gedung pencakar langit karya I.M. Pei, The Bank of China Tower.

Tower Bank of China via interior

Gedung legislatifnya berada di bagian timur dari Statue Square. Di sepanjang Connaught Road, terdapat Hong Kong City Hall di sebelah timur laut Statue Square dan Jardines House di barat laut Statue Square. Hong Kong City Hall dulunya merupakan kantor pemerintahan pemerintah kota. Sekarang gedung ini dialih fungsikan sebagai gedung pertunjukkan dan pameran seni serta perpustakaan. Sedangkan Jardines House merupakan office tower tertinggi di Hong Kong Island. Di seberangnya, terdapat Exchange Square, yang merupakan pasar saham Hong Kong.Di sebelah utara Exchange Square, dibangun Statiun Hong Kong, dan ke utara lagi terdapat The International Finance Centre.

Sebagai bagian tersibuk di Hong Kong, tak lengkap rasanya kalau kota ini tak dilengkapi dengan pusat berbelanja dan kuliner. Maka tak heran bila merek- merek sekelas Hugo Boss, Bally, Chanel, Cartier, Calvin Klein, Ralph Lauren dan Piaget membuka gerainya di kota ini, tepatnya di The Prince’s Building. Salah satu gedung pencakar langit di Hong Kong ini, merupakan salah satu pusat perkantoran dan perbelanjaan. Selain di The Prince’s Building, para fashionista juga tak akan melewatkan Alexandra House yang juga memilki banyak butik- butik fashion terkenal.

Baca juga :

Symphony of Lights Hong Kong, Info Lengkap dan Harga Menonton Symphony of Lights Hong Kong

Selain pusat berbelanja di pusat perbelanjaan, para penduduk lokal dan wisatawan dapat memilih berbelanja di Li Yuen Street dan Hollywood Road. Di Li Yuen Street dijual banyak barang- barang kebutuhan sehari- hari, seperti pakaian, kosmetik, dan jam tangan. Sedangkan di Hollywood dijual barang- barang antik. Pasar antik ini menyediakan barang –barang kuno seperti patung- patung keramik dari Dinasti Ming, atau karpet dari Tibet, ornamen- ornamen indah dari Jepang, dan masih banyak barang – barang kuno lainnya.

Lan Kwai Fong via discoverhongkong

Setelah berbelanja tak lengkap rasanya, jika tak mengisi perut yang mulai keroncongan. Di Central tersedia banyak bar, café atau tea house. Selain menyediakan makanan khas Cina, para restoran di sini juga menyediakan menu khas Kanton dan Sichuan. Masih kurang puas, coba juga restoran yang menyajikan menu Asian dan Western. Di Lan Kwai Fong misalnya, berjajar resoran yang meyediakan makanan dengan menu masakan Perancis, Vietnam, Amerika, Timur Tengah, Italia dan negara- negara lainnya. Biasa tempat ini akan ramai ketika jam pulang kantor terutama pada hari Jumat dan Sabtu.

Egg Tart di Tai Cheong Bakery Hong Kong via goodyfeed

Selain di Lan Kwai Fong, para pengunjung yang ingin merasakan hidangan tradisional bisa mencoba minum teh dan makan mie di Wellington Street. Selain itu beberapa makan ringan khas Hong Kong juga banyak tersedia disana, seperti Lan Fong Yuen di Gage Street, Yun Kee Restaurant di Wellington Street, Kau Kee Restaurant di Gough Street, Sing Heung Yuen di Mei Lun Street atau Tai Cheong Bakery di Lyndhurst Terrace.

Baca juga :

Panduan Wisata ke Victoria Peak Hong Kong, Jam Operasional, Harga Tiket dan Cara Menuju Victoria Peak Hong Kong

Central juga merupakan pusat dari seluruh transportasi umum. Feri, trem, kereta dan bis tersedia di sini. The Star Ferry merupakan pelabuhan utama untuk layanan feri yang memngantar para penumpang dari pelabuhan Victoria ke Hong Kong Island dah Kowloon dan sebaliknya. Selain itu juga tersedia layanan kereta Island Land yang mengantar wisatawan ke Macau. Island Land Line akan mengantar dari Central ke Sheung Wan, dan diteruskan dengan menyeberang menggunakan feri dari Terminal Feri Sheung Wan ke Macau. Sealin itu juga ada layanan kereta lainnya yang bisa mengantar ke Admiralty, Wan chai dan Causeway Bay di Hong Kong Island. Di Central juga terdapat stasiun untuk kereta ekspress.

Central Exchange Bus Terminal Hong Kong via wikipedia

Bila ingin ke Victoria Peak, bisa juga gunakan trem dari Central atau bus nomor 15 untuk melihat pemandangan Hong Kong Island dari atas. Bus nomor 629 juga akan mengantar wisatawan dari Terminal Bus Exchange Square ke Ocean Park dan bus nomor 6 ke Repulse Bay.

Hotel murah di Hong Kong :

Butterfly On Wellington Boutique Hotel

Bishop Lei International Hotel

The Garden View – YWCA Hotel