Pemandangan dari The Peak Tram

Pemandangan dari The Peak Tram via BootsnAll

Victoria Peak adalah dataran tertinggi di Pulau Hong Kong. Dari ketinggian 552 meter, kamu dapat melihat Pelabuhan Victoria, Pulau Hong Kong dan Kowloon. Di landmark pulau Hong Kong ini, pada siang hari akan terlihat banyaknya gedung pencakar langit dan kesibukan di pelabuhan Victoria. Di malam hari, pulau Hong Kong akan berubah menjadi dunia dalam dongeng, dengan pancaran lampu- lampu indah dan berwarna- warni.

Di Victoria Peak kamu dapat melihat pemandangan indah Hong Kong, dan suara kesibukan kotanya dari jauh dengan The Peak Tram. Trem ini dibuat tahun 1888 dan masih terjaga keasliannya. Trem ini dapat mengangkut 12.000 penumpang setiap harinya, atau sekitar 4 juta penumpang setiap tahunnya. Dengan menggunakan transportasi ini, jarak 1,4 kilometer yang harus ditempuh akan sangat cepat, tetapi tetap berkesan karena selama perjalanan, penumpang akan disuguhi pemandangan yang indah. Dari trem ini, kamu dapat melihat Pulau Hong Kong, Pelabuhan Victoria, dan Kowloon. Lebih baik pilihlah bagian sebelah kanan, karena dapat melihat pemandangan lebih leluasa.

Baca juga :

Wisata ke Po Lin Monastery The Big Buddha Hong Kong, Cara Menuju ke Po Lin Monastery dan Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Po Lin Monastery The Big Buddha Hong Kong

Untuk menikmati perjalanan dengan The Peak Trem, Siapkan 28 HKD atau sekitar Rp 50.000 untuk dewasa untuk satu kali perjalanan, dan 40 HKD atau sekitar Rp 70.000 untuk perjalanan pulang pergi. Untuk anak- anak dan lansia, untuk satu kali perjalanan akan dikenakan biaya 11 HKD atau sekitar Rp 19.000 dan 18 HKD atau sekitar Rp 31.000 untuk perjalanan pulang pergi.

Antrian trem akan mengular pada pagi hari dan jam makan siang di hari Minggu dan hari libur lainnya, terutama ketika cuaca sedang bersahabat. Untuk menghindari antrian yang panjang, gunakan Octopus Card atau beli tiket jauh- jauh hari. Selain itu bisa juga gunakan mobil atau bus menuju puncak dan pulang dengan trem. Tetapi jika ingin menggunakan transportasi ini untuk perjalanan pulang pergi, tak jadi masalah, karena trem ini beroperasi dari jam 7 pagi hingga tengah malam. Tinggal tunggu 10 sampai 15 menit, trem berikutnya pasti akan siap mengantarmu sampai ke puncak atau kembali ke halte.

The Peak Tram saat malam

The Peak Tram saat malam via Discover Hong Kong

Untuk menggunakan The Peak Tram, naiklah bus nomor 15 C dari Dermaga Central 8 atau jalan dari pintu keluar J atau K di stasiun kereta Central dan belilah tiket The Peak Tram di The Peak Tram Lower Terminus yang letaknya di Garden Road. Jika kamu dari stasiun Admiralty, keluarlah dari pintu keluar C1, dan ikutilah petunjuk menuju The Peak Tram Lower Terminus.

Nah, selain dengan trem, yang kemungkinan antriannya akan panjang, berkunjung ke Victoria Peak bisa dilakukan dengan moda transportasi lainnya. Gunakan bus nomor 15 atau 15 B dari Exchange Square Bus Terminus yang letaknya dari Stasiun Hong Kong, pintu keluar D. Bisa juga gunakan bus 15 C dari dari dermaga Star Ferry di pelabuhan Central. Selain itu bisa juga menggunakan mini-bus  nomor 1 di pintu keluar E di Statiun Hong Kong. Taksi juga bisa dipilih, jika kamu tak ingin tersesat. Dengan transportasi- transportasi ini, kamu akan melewati jalan mendaki dan melihat pemandangan yang berbeda. Disepanjang jalan akan ditemukan banyak rumah dan apartemen mahal yang nilainya lebih dari 10.000.000 HKD atau sekitar 17 miliar rupiah.

Baca juga :

Objek Wisata Murah dan Aktivitas Seru di Macau untuk Backpacker, Nggak Perlu Keluar Duit Banyak Buat Seneng-Seneng di Macau

Selain dengan metode transportasi diatas, bisa coba sesuatu yang lebih menantang dengan hiking ke Victoria Peak. Dari Cain Road melewati Botanical Garden Hongkong dan ambillah jalan ke Old Peak Road. Akan dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai kepuncaknya.

Sampai di Victoria peak, apa yang dapat kamu temukan ?

1. The Peak Tower

wisata the peak hong kong

wisata the peak hong kong via thepeak

Peak Tower adalah stasiun atas dari The Peak Tram. Stasiun ini berada di ketinggian 396 meter, dari sini akan terlihat pemandangan Hongkong dan Kowloon, dan tentu saja Pelabuhan Victoria.

2. Madame Tussauds

Patung Lilin Jackie Chan via Madame Tussauds

Di tingkat dua di The Peak Tower, ada galeri Madame Tussauds. Disana kamu akan bertemu pemain sepak bola terkenal, David Beckham, atau aktor kawakan Jackie Chan, dan penyanyi terkenal Andy Lau, dan 100 patung lilin lainnya.

Baca juga :

Wisata ke Lantau Island Hong Kong, Cara Menuju ke Lantau Island dan Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Lantau Island

3. Sky Terrace 428

Naik lagi ketingkat selanjutnya, diketinggian 428 meter, akan ada tempat untuk menikmati semua pemandangan yang menakjubkan. Sky Terrace 428 dibuka dari jam 10 pagi hingga 11 malam pada hari Senin sampai Jumat, dan buka dua jam lebih awal pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Untuk masuk ke sana, kamu akan dikenakan tiket senilai 48 HKD atau sekitar Rp. 82.000.

4. The Peak Galleria

Disini akan ada gardu pandang gratis di atapnya dan beberapa supermarket. Disini kamu bisa membeli oleh- oleh untuk keluarga di rumah.

5. Peak Walks

Jika masi ingin berjalan- jalan, cobalah berjalan naik ke puncaknya. Di ketinggian 552 meter, kamu akan melihat Hong Kong 360o. Dari sini akan terlihat Lions Pavilion, Pelabuhan Victoria dan Hong Kong. Nikmati embun di pagi hari dan hangatnya cahaya senja pada sore hari akan menemani perjalananmu.

6. Pelabuhan Victoria, Repulse Bay dan Aberdeen

pemandangan malam hari di victoria harbor

pemandangan malam hari di victoria harbor via Famous Wonders

Ketiga tempat ini cukup dekat dengan Victoria Peak. Di Victoria Harbour kamu bisa menyaksikan Symphony of Lights di malam hari.Pertunjukkan lampu akan melengkapi malammu semakin menakjubkan di Hong Kong. Selain itu kamu bisa berkunjung ke Repulse Bay yang berair bening dilengkapi dengan pantai pasir putih. Untuk penggemar kuliner, berkunjunglah ke Aberdeen, disini kamu dapat menikmati seafood segar dari nelayan- nelayan sekitar.

Hotel murah di Hong Kong :

Butterfly On Wellington Boutique Hotel

Bishop Lei International Hotel

The Garden View – YWCA Hotel