Giant Buddha Hong Kong tastydestination

Giant Buddha Hong Kong via tastydestination

Po Lin Monastery adalah biara yang ada di Pulau Lantau, Hong Kong. Letaknya ada di puncak Gunung Muyu. Biara Po Lin dibangun oleh tiga biksu dan dinamai Da Maopeng. Baru kemudian pada tahun 1924, biara ini berganti nama menjadi Po Lin.

Po Lin Monastery menjadi terkenal setelah pada tahun 1993, dibuatlah patung perunggu Budha Tian Tan atau yang lebih sering disebut The Big Buddha. Patung ini dinamakan Tian Tan karena bagian bawahnya merupakan replika dari Kuil Tian Tan atau Kuil Surga di Beijing. Patung Budha Sakyamuni digambarkan sedang duduk di atas bunga teratai dengan posisi meditasi. Patung senilai 60 juta dolar Hong Kong  berdiri atas area seluas 2.339 m2 dan setinggi 34 meter. Membutuhkan waktu 12 tahun untuk menyelesaikan patung yang menghadap ke daratan Cina. Untuk dapat sampai ke The Big Budha, kamu harus menaiki 268 anak tangga. Selama perjalanan, kamu akan ditemani sejuknya hawa pegunungan dan keindahan laut dari jauh.

Baca juga :

5 Destinasi Wisata Populer di Hongkong

Selain mengunjungi The Big Budha, kamu dapat berkunjung ke Da Xiong Bao Dian atau The Great Hall of Treasure. Dalam Da Xiong Bao Dian diabadikan tiga Budha yaitu Sakyamuni, Dipamkarara, dan Maitreya. Selain itu kamu juga bisa melihat patung perunggu Ti- Tsang Bodhisattva yang beratnya sekitar 200 kilogram dan lonceng perunggu seberat 1.000 kilogram.

Pada bagian bawah patung Budha, terdapat Fajie Hall yang menyimpan buku kayu berisi tentang 160 Bodhisattva yang berkumpul untuk membahas ajaran- ajaran Budha. Selain Fajie Hall juga terdapat Gongde Hall yang di dalamnya berdiri patung Ti- tsang Bodhisattva beralaskan teratai dengan tongkat di tangannya. Dan yang terkahir ada Sakyamuni Memorial Hall. Di Sakyamuni Memorial Hall ada peninggalan Sakyamuni yang disakralkan asli dari Sri Langka yang diberikan pada biara ini tahun 1992. Ada juga lonceng di ruang pameran yang berukirkan ajaran- ajaran Budha. Lonceng ini dibunyikan setiap tujuh menit, 108 kali per hari. Mitosnya, bahwa lonceng ini dapat mengobati 108 macam kekhawatiran manusia.

Lonceng di Po Lin Monastery

Lonceng di Po Lin Monastery via Chinatoursnet

Kamu juga bisa mengunjungi Buddhist Relics Exhibition yang digelar setiap hari di Po Lin Monastery. Banyak peninggalan Budha yang ditampilkan, seperti Longcang Sutra dan lukisan dari khotbah Budha.

Selain merupakan tujuan wisata, Po Lin Monastery adalah salah satu tempat terpenting untuk penganut agama Budha di Hong Kong, dan dijuluki sebagai Dunia Budha di Selatan. Biara ini merupakan rumah bagi banyak biksu yang taat. Selain untuk berwisata rohani, Po Lin Monastery juga menyuguhkan perjalanan yang tenang dan penuh rasa syukur. Penuh dengan kicauan burung dan aroma bunga.  Kamu juga dapat mencoba makanan vegetarian di restoran- restoran di sekitar Po Lin Monastery.

Baca juga :

Wisata Hongkong Murah yang Wajib Dikunjungi

Bagaimana cara sampai ke sana?

Po Lin Monastery dapat dikunjungi dengan menggunakan kereta. Keluarlah dari pintu keluar B di Stasiun Tung Chung, kemudian lanjutkan perjalanan dengan Ngong Ping Cable Car selama 25 menit, kemudian tinggal jalan 10 menit ke Po Lin Monastery.

Ngong Ping 360 Cable Car

Ngong Ping 360 Cable Car via Expedia

Selain menggunakan Ngong Ping Cable Car, kamu juga bisa menggunakan bus. Naiklah bis New Lantau nomor 23 tujuan pusat kota Tung Chung dari pintu keluar B, Stasiun Tung Chung. Kira- kira kamu akan membutuhkan perjalanan sekitar 45 menit, dan 8 menit untuk berjalan ke biara.

Bisa juga menggunakan ferry dari Dermaga Central 6 tujuan Mui Wo, kemudian lanjutkan perjalanan dengan New Lantao Bus nomor 2 ke desa Ngong Ping. Ini akan memamkana waktu sekitar 40 menit.

Kapan jam berkunjung Po Lin Monastery?

Po Lin Monastery buka setiap hari jam 9 pagi sampai 6 sore. Sedangkan Patung Tian Tan Budha dapat dikunjungi dari jam 10 pagi sampai 6 sore, dan Buddhist Relics Exhibition dibuka pada pukul 10 pagi dan ditutup pada pukul 4 sore.

Baca juga :

Berburu Street Food di Hongkong

Hotel murah di Macau :

Metropole Hotel

Regency Hotel Macau

Holiday Inn Hotel